Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD,

Seruji.co.id, Kesehatan adalah pilihan, ungkapan yang sering kita dengar. Pilihan yang kita ambil dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari aktivitas fisik yang kita kerjakan, pola makan yang kita jalani, cara berpikir, menghadapi stres yang kita lakukan, hubungan sosial yang kita jalin, atau kebiasaan baik, atau buruk lain yang kita pilih akan menentukan kemungkinan kesehatan kita di masa yang akan datang.

Sayangnya, pilhan-pilihan yang kita ambil sekarang tidak langsung memberi umpan balik, pengaruh besar terhadap tubuh kita saat ini juga. Sehingga kita sering mengabaikan perilaku-perilaku sehat atau tidak sehat sehari-hari kita.

Misalnya, ketika kita memilih untuk merokok atau tidak merokok, saat itu pengaruh yang dirasakan barangkali sama saja. Bahkan, dengan pilihan merokok kita merasa tenang, percaya diri, dan lebih menikmati. Bila kita bandingkan perasaan kita waktu duduk menonton TV, apalagi dengan setumpuk makanan kesukaan di meja dengan aktivitas olahraga yang kita lakukan, saya kira kebanyakan akan lebih menikmati menonton TV.

Waktu kita memilih naik eskalator atau menggunakan lift di bandara, di mall dibandingkan naik tangga, berjalan kaki, tubuh kita sebenarnya memberikan respons yang berbeda, hanya saja perbedaan itu tidak begitu kita rasakan pada saat itu juga. Begitu juga waktu kita mengutamakan “junk food” dibanding makanan yang lebih sehat, gado-gado misalnya, respons tubuh pasti tidak sama, hanya yang dirasakan pada saat itu tidak akan jauh berbeda.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama