Ingin Punya Sticker Pribadi di WhatsApp? Begini Cara Membuatnya

SERUJI.CO.ID – Baru-baru ini pengguna aplikasi kirim pesan terpopuler WhatsApp disuguhi “fitur” baru yang menyenangkan, yakni membuat sticker pribadi, yang bisa menggunakan foto sendiri atau teman atau dengan gambar lain sesukanya.

Fitur “tersembunyi” pada versi terbaru WhatsApp memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat sticker WhatsApp dan membagikannya kepada teman di grup maupun dalam percakapan pribadi.

Meski sudah banyak pengguna yang sudah mempraktikkan dan menggunakannya, tapi masih banyak pula yang mungkin belum mengetahui cara membuat sticker pribadi ini.

Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut cara membuat sticker pribadi dan menjadikannya koleksi di daftar sticker Anda di WhatsApp, yang bisa Anda bagi kepada teman chat:

Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi WhatsApp 2.18.340 beta yang tersedia di internet tapi bukan di Google Play Store. Gunakan pencarian Google untuk mengunduh WhasApp 2.18.340 beta dalam bentuk APK.

Setelah sukses mengunduh dan memasang aplikasi WhatsApp beta dimaksud, Anda setidaknya butuh dua aplikasi pihak ketiga untuk bisa membuat sticker pribadi. Dua aplikasi yang Anda bisa gunakan adalah aplikasi pengolah gambar Picsart dan Personal Stickers for WhatsApp.

Kedua aplikasi ini bisa Anda unduh satu per satu di Google Play Store atau klik Picsart dan Personal Stickers for WhatsApp. Setelah instalasi selesai Anda bisa memulai untuk membuat sticker.

Buka aplikasi Picsart yang sudah terpasang di ponsel Anda, tapi jangan lupa untuk log in, bisa dengan akun Facebook dan Google untuk masuk ke aplikasi ini.

Setelah aplikasi terbuka, tekan tanda (+) pada aplikasi untuk membuat sticker baru. Dari situ Anda bisa memilih gambar-gambar yang ada untuk dijadikan sticker atau browsing foto di album Anda dengan menekan All Photos.

Pilih foto yang Anda suka dan target orang pada foto yang ingin Anda jadikan sticker, kemudian hilangkan background foto dengan menggunakan fitur “Cutout” yang ada pada Picsart.

Tekan gambar siluet orang untuk menghilangkan background secara otomatis atau menekan tombol di sampingnya untuk menghilangkan background secara manual dengan jari Anda, dan tekan Save.

Setelah itu Anda bisa menambahkan tulisan dengan menekan fitur Text untuk membuat pesan yang akan Anda sampaikan bersama sticker pribadi Anda nanti. Agar tulisan tampil lebih jelas, Anda bisa menambahkan warna lain pada tulisan dengan menekan fitur “Stroke”.

Jika sudah, tekan tanda next (->) di pojok kanan atas layar untuk melanjutkan, dan silakan simpan sticker yang Anda buat dengan memilih “Save as a sticker” dan tambahkan hashtag untuk menamai koleksi sticker baru Anda dan simpan di Gallery.

Anda setidaknya perlu membuat tiga sticker untuk bisa memasukkan sticker-sticker Anda ke dalam WhatsApp. Jadi, buatlah minimal tiga sticker dengan langkah-langkah seperti di atas dan berilah hashtag yang sama.

Setelah itu, buka aplikasi Personal sticker for WhatsApp dan Anda akan melihat daftar sticker yang telah Anda buat sendiri yang tergabung dalam hashtag yang sama. Kemudian jika Anda diminta untuk menambahkannya ke dalam WhatsApp silakan tekan tombolnya.

Untuk memastikan apakah sticker Anda sudah masuk ke daftar sticker di WhatsApp, Anda bisa buka salah satu kontak untuk seolah memulai percakapan, dan tekan tombol tombol sticker, kemudian pilih tombol paling kanan di antara jenis sticker yang ada pada WhatsApp.

Apabila sticker-sticker yang Anda buat sudah ada di situ, Anda berarti sudah berhasil membuat sticker pribadi untuk WhatsApp dan Anda siap menggunakannya atau membagikan dengan teman atau grup.

Selamat mencoba!

(Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close