“Google Bisnisku” Cara Jitu Berbisnis UKM Digital

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID – Program “Google Bisnisku” merupakan platform gratis dari Google yang memungkinkan beragam bisnis termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk ditampilkan di Google penelusuran, dianggap sebagai cara jitu dalam memasarkan produk UKM melalui cara digital.

“Google Indonesia mendukung penuh perkembangan bisnis UKM, ini alasan UKM harus go online, melihat saat ini semua serba digital,” kata Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami, saat temu wartawan di sela acara Konfrensi Womenwill Google di Hotel Clarion, Selasa (26/9).

Menurut dia, zaman ini semua berjalan dengan sistem digital dan rata-rata orang telah menggunakan ponsel berbasis android sehingga mudah mendapatkan informasi bahkan berbisnis melalui ponsel mereka.

“Untuk itu, dengan hadirnya program google bisnisku akan memudahkan pengusaha-pengusaha yang bergerak di bidang usahanya tanpa harus mengeluarkan biaya menawarkan produknya dengan berlaih dari konvensional (offline) ke cara daring (online),” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Google Bisnisku adalah cara baru memasarkan produk, namun berbeda dengan situs belanja online lainnya. Google bisnisku bisa diketahui kapan buka dan tutup dan sangat cepat terlacak dipenelusuran asalkan sesuai dengan alamatnya.

“Untuk membuat akun Google Bisnisku bisa melalui ponsel masing-masing asalkan berbasis android dengan mengunduh di playstrore, selanjutnya mengikuti panduan setelah mengunduhnya,” terangnya.

Namun apabila pengusaha UKM ingin serius mendalami pemasaran bisnisnya secara penuh, kata Veronica menambahkan, dapat mengikuti Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (Gapura) Digital secara gratis.

Kelas Gapura Digital di mulai akhir Agustus dengan bekerja sama Arena Co-working Space terletak di Zentra Bazaar (Ex. Pasar Segar) Ruko Mirah A17 jalan Pengayoman, Makassar sebagai tempat pelatihan setiap akhir pekan Sabtu-Minggu diisi mentor handal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Blunder

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.