Bekraf Dorong Industri Digital Bali Go International

1
38
Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Hari Santosa Sungkari. (foto:istimewa)

JAKARTA – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong peningkatan inovasi dan jejaring perusahaan perintis (startup) industri digital melalui Bekraf Developer Day (BDD) yang digelar di Denpasar, Bali, Sabtu (6/5).

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari memuji bersemangatnya kalangan muda Bali untuk mengikuti kegiatan BDD dan mengharapkan hadirnya “startup” baru di bidang animasi, games dan perangkat lunak (software) dari pulau Dewata.

“Saya berharap kalangan muda di Bali semakin maju dengan industri digitalnya sesuai dengan potensi kearifan lokalnya. Malah tidak hanya untuk Bali atau Indonesia, namun juga harus bisa ‘go international’,” kata Hari dalam siaran persnya di Jakarta, Ahad (7/5).

Hari juga mendorong peminat industri digital dan pemerintah daerah untuk bekerja sama melakukan terobosan guna mendorong kemajuan industri digital tersebut. Ada pun mengenai kebutuhan infrastruktur, pemerintah pusat akan berupaya untuk melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Bekraf fokus pada konten digital, sementara infrastruktur akan berkoordinasi dengan lembaga lainnya. Nah, Bali juga sebenarnya sudah memiliki sarana yang baik, misalnya ada asosiasi ‘co-working space’, hingga Digital Lounge. Bahkan Bali juga sudah punya Rumah Sanur di mana peminat digital dapat berkumpul dan melakukan inovasi yang kreatif,” ujarnya.

Hari menuturkan perkembangan teknologi aplikasi, game, web dan IOT (internet of things) mau tidak mau harus diikuti secara aktif oleh masyarakat peminat industri digital agar tidak tertinggal dalam kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

Industri aplikasi dan game di Indonesia akan berkembang cukup pesat akan memberikan dampak positif di bidang ekonomi dan sosial budaya.

“Karena itu, nantinya ada kebutuhan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas developer aplikasi dan game,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Game Indonesia Narenda Wicaksono, dalam kesempatan yang sama, mengatakan banyaknya peminat pengembang game, animasi dan programming di Bali cukup menggembirakan.

Narenda mengaku pihaknya bersama dengan Bekraf akan terus berperan untuk kemajuan industri digital di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Selain BDD yang sudah berlangsung sejak 2016 lalu, pihaknya juga akan terus mendorong kemajuan industri digital dengan berbagai program.

“Kami sedang menyusun pembuatan kurikulum game bagi para pemula, kami juga akan mendirikan Inkubasi bisnis bagi pengusaha pemula. Mudah-mudahan terobosan ini mendorong semakin majunya industri digital di Indonesia,” katanya.

Sekitar 650 peserta dan pembicara dari sekitar dan luar Bali hadir dalam kegiatan Bekraf Developer Day (BDD) yang digelar di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Sabtu. BDD berlangsung di 10 kota besar di Indonesia dan Denpasar merupakan kota keempat tahun ini setelah Manado, Bogor dan Solo.

Tahun ini pemerintah menargetkan 2.000 startup digital baru, naik dibanding tahun sebelumnya sebanyak 1.130 startup.

 

EDITOR: Harun S

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Kapal terbakar

Belasan Nelayan Jabar Alami Musibah di Lombok

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 16 nelayan asal Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami musibah kebakaran kapal di perairan utara Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara,...
Imunisasi

Kemenkes Imunisasi Difteri Serentak di Tiga Provinsi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Kesehatan akan melakukan imunisasi difteri serentak pada tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada Senin (11/12) untuk...
Imunisasi

Menkes dan Anies Sosialisasi ORI Cegah Difteri

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan sosialisasi program penanggulangan penyakit difteri bernama "Outbreak Response Immunization" (ORI) secara...

KANAL WARGA TERBARU

Sohibul Iman

Selain Sampaikan Pernyataan Sikap, Presiden PKS Ajak Masyarakat Indonesia Boikot Produk AS

JAKARTA - Selain menyampaikan resmi pernyataan sikapnya atas pengakuan Yerussalem sebagai ibukota Israel, Partai Keadilan Sejahtera juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memboikot produk-produk Amerika...
images(1)

Keindahan Hawa Nafsu

Muhammad Hanif Priatama Keindahan, sesuatu yang jika dilihat, didengar dan dirasakan, membawa diri bahagia, gembira, lega, kagum, atau senang. Ringkasnya, apapun yang diinginkan, selalu terlihat...

Muslim Klaten Bersatu dalam Aksi Damai Selamatkan Palestina

Muslim Klaten hari ini telah menampakkan ukhuwahnya dalam aksi damai selamatkan Palestina di masjid Al-Aqsho Klaten, Ahad (10/12). Berbagai elemen muslim klaten yang berasal...