Saudi dan Negara Teluk Putuskan Hubungan Diplomatik Dengan Qatar

0
526
  • 28
    Shares
qatar, doha
Kota Doha, Qatar. (Foto: Reuters/Fadi Al-Assaad)

RIYADH – Negara-negara Teluk yang dikomandoi Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada hari ini, senin (5/5).

Arab Saudi melalui kantor berita negaranya yang mengumumkan bahwa mereka memutuskan hubungan diplomatik dengan semua jalur darat, air dan udara dengan pihak Qatar. Mereka berkata, langkah itu perlu untuk melindungi kerajaan dari apa yang disifatkan sebagai keganasan dan ekstrimisme.

Menurut sumber kantor berita Reuters, Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dan konsuler dengan Qatar untuk “mempertahankan kedaulatan negara yang dijamin oleh undang-undang Internasional dan melindungi keselamatan negara daripada bahaya kelompok militan”.

“Qatar merangkul beberapa kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan untuk mengganggu stabilitas di kawasan ini, termasuk Ikhwanul Muslimin, ISIS dan Al-Qaeda, dan mempromosikan pesan-pesan ideologi dan skema kelompok-kelompok ini melalui media mereka secara terus-menerus,” kantor berita negara Saudi mengatakan.

Pernyataan tersebut juga menuduh Qatar mendukung apa yang digambarkannya sebagai militan yang didukung Iran di wilayah Qatif dan Bahrain yang berpenduduk mayoritas Muslim Syiah di Bahrain.

Arab Saudi mendesak semua negara sekutu supaya melakukan hal yang sama terhadap Qatar. Negara lain seperti Bahrain, Mesir dan Uni Emiriat Arab (UAE) turut mengikut jejak Saudi itu. (Rory/Iwn)

 

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU