close

Usai KTT Trump-Kim, Latihan Militer Bersama Amerika-Korsel Harus Tetap Dilakukan

TOKYO, SERUJI.CO.ID –  Jepang memutuskan menghentikan pelatihan pengungsian untuk persiapan kemungkinan serangan peluru kendali Korea Utara, setelah ketegangan di kawasan timur jauh mereda menyusul pertemuan bersejarah pemimpin Amerika Serikat dengan Korea Utara, kata kantor berita Kyodo pada Kamis (21/6).

Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada pekan lalu di Singapura. Pada saat itu, Kim bertekad mengupayakan penghapusan penuh nuklir di Semenanjung Korea, sementara Trump akan menghentikan pelatihan militer bersama negaranya dengan Korea Selatan, yang dinilai provokatif.

Jepang menyambut pertemuan puncak tersebut sebagai langkah awal mewujudkan pelucutan nuklir Korea Utara. Namun, mereka juga mengatakan bahwa pelatihan bersama Amerika Serikat dengan Korea Selatan masih penting untuk menghalau ancaman Pyongyang.

Korea Utara pada tahun lalu meluncurkan dua peluru kendali, yang terbang di atas wilayah udara Jepang. Pyongyang juga menggelar uji nuklir keenam pada tahun tersebut.


Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga, mengulangi kembali seruan bagi Korea Utara untuk mengambil langkah nyata menuju penghapusan penuh yang bisa dibuktikan terhadap semua senjata pemusnah massal yang mereka miliki.

Namun, Suga juga menyambut janji Korea Utara untuk tidak lagi menggelar uji coba senjata.

“Keadaan saat ini sangat berbeda dari tahun lalu, saat banyak dilakukan peluncuran rudal, dan saat ini kami tidak memperkirakan akan ada rudal yang terbang,” kata Suga dalam jumpa pers, dengan menambahkan bahwa persoalan pelatihan pengungsian serangan peluru kendali tengah dipertimbangkan.

Jepang mengupayakan pertemuan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Kim, kata sejumlah sumber pemerintahan setempat pada pekan lalu. Sejumlah media di Jepang juga melaporkan kemungkinan kunjungan Abe ke Pyongyang, paling cepat pada awal Agustus.

Sementara itu, kepala Komando Amerika Serikat untuk wilayah Indo-Pasifik, Laksamana Philip Davidson, menegaskan bahwa negaranya masih berkomitmen dalam persekutuan untuk melindungi Jepang dan memastikan kelancaran pelucutan nuklir.

Jepang, yang menjadi tuan rumah bagi sekitar 50.000 tentara Amerika Serikat, selama ini bergantung pada Washington terkait masalah pertahanan dan punya hubungan dekat dalam hal militer.

Tokyo sempat menggelar latihan evakuasi pada Januari lalu, sementara kota-kota kecil lainnya juga melakukan hal yang sama saat Korea Utara tengah gencar-gencarnya melakukan uji nuklir dan rudal.

Kantor berita Kyodo melaporkan bahwa sebelum dihentikan, sembilan daerah direncanakan melakukan pelatihan pengungsian tersebut. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Soal Imbauan Jokowi Untuk Berbaju Putih Yang Dipersoalkan BPN, MK Menilai Tidak Relevan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menilai dalil...

Jelang Pembacaan Putusan, Massa Aksi Damai Dekati Barikade Kawat Berduri

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni...

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

TERPOPULER