Kalangan Agama Kalah Suara, Pernikahan Sejenis Kini Legal di Australia

2
64

SYDNEY, SERUJI.CO.ID – Hari ini menjadi hari yang kelam untuk organisasi keagamaan dan pihak yang masih memegang agama sebagai pegangan hidupnya di Australia, setelah parlemen Australia secara resmi mensahkan Undang Undang yang melegalkan pernikahan sejenis, Kamis (7/12).

Sebaliknya bagi kalangan pendukung pernikahan sejenis, hari ini dirayakan sebagai hari kemenangan secara luas di Australia, seperti yang tampak di depan gedung parlemen di Canberra.

Pemerintah Australia yang juga berada di barisan pendukung dilegalkannya pernikahan sejenis ini, menyambut gembira keputusan parlemen ini.

“Ini hari indah, hari untuk cinta, untuk kesetaraan, untuk penghormatan,” kata Perdana Menteri Malcolm Turnbull, menyambut disahkannya UU pernikahan sejenis ini, dan menjadikan Australia sebagai negara ke-26 di dunia yang legalkan pernikahan yang dikecam seluruh ummat beragama ini.

“Sudah waktunya untuk lebih banyak pernikahan,” ujar Turnbull.

Undang-undang tersebut akan mulai berlaku Sabtu ini, namun karena pemberitahuan dalam waktu sebulan diperlukan agar negara mengakui sebuah pernikahan, maka pernikahan sesama jenis baru akan bisa dilakukan pada Januari tahun depan.

Organisasi keagamaan dan anggota parlemen konservatif telah lantang menyuarakan penolakannya dan mengusulkan lusinan amandemen.

Selama perundingan parlementer, mereka mendesak perlindungan luas bagi para pemeluk agama yang keberatan, di antaranya adalah pedagang bunga dan bankir, untuk menolak layanan kepada pasangan sesama jenis.

Amandemen untuk mengizinkan para penyelenggara acara untuk menolak melangsungkan upacara pernikahan sesama jenis dan bisnis yang menolak memberi layanan dalam resepsi pernikahan sejenis semuanya terkalahkan, satu demi satu, selama tiga hari perundingan.

(ARif R/Hrn)

BAGIKAN
loading...

2 KOMENTAR

  1. makanya wajib pilih wakil rakyat dan pemimpin dari orang yang berpihak kepada umat islam. Islam saja tidak cukup tapi keberpihakan pada kepentingan umat islam juga wajib ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Airlangga Hartarto

Pleno Tunjuk Airlangga Hartarto Sebagai Ketua Umum Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar, Rabu (13/12) malam, memutuskan menunjuk Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar definitif menggantikan Setya Novanto yang kini tengah...
setnov, FPG

Perbuatan Setya Novanto Untungkan Orang dan Korporasi, Inilah Daftarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menyebut perbuatan Setya Novanto menguntungkan orang lain dan korporasi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-Elektronik (KTP-el). "Selain...
Jokowi

Indonesia Sampaikan Enam Usulan OKI Terkait Yerusalem

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID - Indonesia mengusulkan enam poin usulan penting sikap negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam terkait pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel. "Pertama,...

KANAL WARGA TERBARU

images(14)

Jangan Terlalu Berharap Dengan Hukum

Tulisan ini acap kali menjadi perbincangan hangat banyak pihak, khususnya masyarakat menengah kebawah. Meski tak semuanya benar, namun sesuai fakta yang dialami banyak pihak...

Calon Haji Pasca Stroke Ini Tetap Ingin Berangkat Haji

WONOGIRI - Bisa menunaikan rukun iman yang kelima merupakan dambaan setiap muslim di seluruh dunia tak terkecuali muslim indonesia. Bahkan mereka yang secara fisik lemahpun...
4e3443b2632b8e8a4ea012759bd78a3e4f282447

Belajar Jadi Makmum Kalau Ingin Beriman

Shalat berjamaah adalah contoh bagaimana sebuah ukhuwah dibangun. Oleh karenanya, ibadah mulia itu berlipat kali nilainya di sisi Allah. Ukhuwah itu sendiri ciri keimanan, bagaikan...