Kalangan Agama Kalah Suara, Pernikahan Sejenis Kini Legal di Australia

2
140

SYDNEY, SERUJI.CO.ID – Hari ini menjadi hari yang kelam untuk organisasi keagamaan dan pihak yang masih memegang agama sebagai pegangan hidupnya di Australia, setelah parlemen Australia secara resmi mensahkan Undang Undang yang melegalkan pernikahan sejenis, Kamis (7/12).

Sebaliknya bagi kalangan pendukung pernikahan sejenis, hari ini dirayakan sebagai hari kemenangan secara luas di Australia, seperti yang tampak di depan gedung parlemen di Canberra.

Pemerintah Australia yang juga berada di barisan pendukung dilegalkannya pernikahan sejenis ini, menyambut gembira keputusan parlemen ini.

“Ini hari indah, hari untuk cinta, untuk kesetaraan, untuk penghormatan,” kata Perdana Menteri Malcolm Turnbull, menyambut disahkannya UU pernikahan sejenis ini, dan menjadikan Australia sebagai negara ke-26 di dunia yang legalkan pernikahan yang dikecam seluruh ummat beragama ini.

“Sudah waktunya untuk lebih banyak pernikahan,” ujarĀ Turnbull.

Undang-undang tersebut akan mulai berlaku Sabtu ini, namun karena pemberitahuan dalam waktu sebulan diperlukan agar negara mengakui sebuah pernikahan, maka pernikahan sesama jenis baru akan bisa dilakukan pada Januari tahun depan.

Organisasi keagamaan dan anggota parlemen konservatif telah lantang menyuarakan penolakannya dan mengusulkan lusinan amandemen.

Selama perundingan parlementer, mereka mendesak perlindungan luas bagi para pemeluk agama yang keberatan, di antaranya adalah pedagang bunga dan bankir, untuk menolak layanan kepada pasangan sesama jenis.

Amandemen untuk mengizinkan para penyelenggara acara untuk menolak melangsungkan upacara pernikahan sesama jenis dan bisnis yang menolak memberi layanan dalam resepsi pernikahan sejenis semuanya terkalahkan, satu demi satu, selama tiga hari perundingan.

(ARif R/Hrn)

2 KOMENTAR

  1. makanya wajib pilih wakil rakyat dan pemimpin dari orang yang berpihak kepada umat islam. Islam saja tidak cukup tapi keberpihakan pada kepentingan umat islam juga wajib ada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU