Kim Jong Un dan Trump Tunjukkan Pertemuan Bersahabat

SINGAPURA, SERUJI.CO.ID –¬†Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, ia menjalin hubungan baik dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada awal pertemuan di Singapura, Selasa (12/6), saat kedua pria itu mencari cara untuk mengakhiri kebuntuan pembicaraan soal nuklir di semenanjung Korea.

Jika mereka berhasil membuat terobosan diplomatik, itu bisa membawa perubahan yang langgeng ke lanskap keamanan Asia Timur Laut, seperti kunjungan mantan Presiden AS Richard Nixon ke China pada 1972 yang menyebabkan transformasi China.

“Akan ada tantangan ke depan depan,” kata Kim, tetapi dia berjanji untuk bekerja dengan Trump. Kedua pria itu duduk bersama satu sama lain dengan latar belakang bendera Korut dan AS, dengan wajah Kim berseri-seri saat presiden AS memberinya acungan jempol.

Perang Korea 1950-1953 secara teknis masih berlangsung, karena konflik, di mana jutaan orang meninggal, diakhiri hanya dengan gencatan senjata.

Dengan kamera pers dunia yang menyoroti mereka, Trump dan Kim menunjukkan suasana awal yang bersahabat.

Kedua pria itu tampak serius ketika mereka keluar dari limusin mereka untuk pertemuan puncak di Hotel Capella di Sentosa, Singapura, sebuah pulau resor dengan hotel mewah, kasino, pantai buatan manusia dan taman hiburan Universal Studios. Namun, mereka segera tersenyum dan berpelukan satu sama lain, sebelum Trump membimbing Kim ke perpustakaan di mana mereka mengadakan pertemuan hanya dengan penerjemah mereka. Trump mengatakan pada Sabtu bahwa dia akan segera mengetahui saat bertemu Kim apakah dia akan mencapai kesepakatan.

Setelah beberapa perbincangan awal yang berlangsung sekitar 40 menit, Trump dan Kim muncul, berjalan berdampingan melalui hotel yang bergaya era kolonial sebelum masuk kembali ke ruang rapat, di mana mereka bergabung dengan pejabat paling senior mereka.

Kim terdengar mengatakan kepada Trump melalui seorang penerjemah: “Saya pikir seluruh dunia sedang menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan menganggap ini sebagai adegan dari fantasi film fiksi ilmiah.” Ditanya oleh reporter bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata: “Sangat bagus. Sangat, sangat baik. Hubungan yang baik.” Kim juga terdengar positif tentang prospek tersebut.

“Kami mengatasi semua jenis skeptisisme dan spekulasi tentang pertemuan puncak ini dan saya percaya bahwa ini baik untuk perdamaian,” katanya.

“Saya percaya ini adalah awal yang baik untuk perdamaian,” tambahnya.

Trump bergabung dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan John Kelly, Kepala Staf Gedung Putih, untuk pembicaraan yang berkembang, sementara tim Kim termasuk mantan kepala intelijen militer Kim Yong-chol, Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho dan Ri Su-yong, wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER