Inilah Kesepakatan Pertemuan Kim Jong Un dan Trump


SINGAPURA, SERUJI.CO.ID – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi di Semenanjung Korea, hal itu tertuang dalam dokumen bersama yang juga ditandatangani Presiden AS Donald Trump di Singapura, Selasa (12/6).

Sebaliknya, Presiden Trump juga berkomitmen memberikan jaminan keamanan kepada Korea Utara.

Sayang, dokumen itu tidak memberikan rincian mengenai jaminan yang diberikan Trump, demikian dilansir dari Channel News Asia.

Selain kesepakatan denuklirisasi dan jaminan keamanan, ada sejumlah hal lain yang disepakati kedua kepala negara, di antaranya AS dan Korea Utara berkomitmen membangun hubungan baru kedua negara, sesuai dengan keinginan masyarakat, demi keamanan dan kemakmuran.

Kedua negara juga sepakat bergabung membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

Dokumen yang ditandatangani Trump dan Kim juga menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom, 27 April 2018, yaitu komitmen Korea Utara untuk bekerja menuju denuklirisasi sepenuhnya di Semenanjung Korea.

Baca juga: Presiden Korsel: Pertemuan Trump dan Kim Buka Era Baru Denuklirisasi

AS dan Korea Utara juga berkomitmen memulihkan sisa-sisa tahanan perang.

Kemudian, dalam dokumen disebutkan tindak lanjut negosiasi yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan pejabat tingkat tinggi Korea Utara akan segera diatur, untuk melaksanakan KTT Singapura. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close