Presiden Korsel: Pertemuan Trump dan Kim Buka Era Baru Denuklirisasi

0
25
Pertemuan bersejarah antara Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Amerika Donald Trump di Singapura (foto:toronto star)

SINGAPURA, SERUJI.CO.ID –┬áPresiden Korea Selatan Moon Jae-in mengharapkan pertemuan tingkat tinggi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, berjalan sukses dan membuka lembaran baru bagi hubungan baru antara Korea Selatan (Korsel), Korut dan AS.

“Saya berharap pertemuan Trump dan Kim akan membuka era baru denuklirisasi, perdamaian dan hubungan baru antara AS, Korsel dan Korut,” demikian dilansir saluran TV Channel News Asia, Selasa (12/6).

Presiden Moon menyaksikan langsung pertemuan Trump dan Kim di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, melalui televisi didampingi pejabat Korsel lainnya.

Sebelum memulai pertemuan empat mata secara tertutup, Trump dan Kim menyapa media dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.

“Saya merasa sangat baik, kami akan mengadakan pembicaraan besar, dan saya rasa akan berhasil luar biasa,” kata Trump saat duduk di samping Kim.

Trump dan Kim hanya dipisahkan oleh meja dihiasi bunga yang berada di tengah.

“Ini kehormatan bagi saya dan kami akan memiliki hubungan hebat. Saya tidak ragu,” ucap Trump.

Kim juga menyampaikan pemikiran serupa. Dia menjawab pertanyaan yang kemudian diterjemahkan oleh penerjemah.

“Prasangka yang dulu dan praktiknya menjadi penghambat dalam perjalanan kami, tetapi kami telah mengatasi semuanya dan kami berada di sini hari ini,” kata Kim.

Usai mengadakan pertemuan, keduanya melakukan makan siang bersama untuk kemudian mengadakan pertemuan lanjutan disertai penandatanganan nota kesepahaman. (Ant/Su02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU