Pemerintah AS Mewajibkan Pengecekan Akun Medsos Pemohon Visa

1
116

WASHINGTON – Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah kepemimpinan Trump mengeluarkan pertanyaan baru untuk pemohon visa AS, yaitu akun media sosial yang dimiliki selama lima tahun terakhir dan informasi biografi 15 tahun terakhir.

Sebagaimana dilansir Reuters pada Kamis (1/6), pertanyaan baru tersebut merupakan upaya untuk memperketat pengunjung ke AS, sebagaimana telah disetujui pada Selasa (23/5) oleh Office of Management and Budget (OMB) Presiden AS, meski banyak kritik dari akademisi selama periode penjaringan opini publik.

Kritik yang ada menyatakan bahwa pertanyaan baru tersebut terlalu berat, berefek pada antrian panjang proses permohonan visa dan mengecilkan hati mahasiswa dan peneliti internasional untuk datang ke AS.

Dengan prosedur baru tersebut, kedutaan AS dapat meminta seluruh nomor paspor sebelumnya, media sosial yang dimiliki selama lima tahun terakhir, alamat email dan nomor hp, informasi biografi dan alamat selama 15 tahun terakhir, riwayat pekerjaan dan riwayat perjalanan.

“Kedutaan akan meminta informasi tambahan jika mereka berpandangan bahwa informasi tambahan tersebut diperlukan untuk mengkonfirmasi identitas atau untuk meningkatkan keamanan nasional AS,” ujar salah satu pegawai negeri AS pada Rabu (31/5).

Pegawai tersebut mengatakan bahwa peningkatan keamanan tersebut dapat berlaku bagi pemohon visa yang dianggap memiliki hubungan dengan terorisme atau penolakan permohonan visa di negara lain yang berkaitan dengan keamanan.

Presiden Donald Trump telah menyerukan untuk meningkatkan keamanan nasional dan perbatasan, meningkatkan anggaran militer dan berkoordinasi dengan Meksiko untuk pembangunan tembok di perbatasan selatan AS.

Dia telah mencoba untuk mengimplementasikan pelarangan perjalanan sementara untuk warga negara dari enam negara mayoritas muslim dimana pengadilan banding AS menolak untuk memberlakukannya, menyebutnya sebagai diskriminasi dan saat ini masih menunggu keputusan Mahkamah Agung AS untuk pemberlakuannya.

OMB AS memberikan persetujuan darurat untuk pertanyaan-pertanyaan baru tersebut selama enam bulan. Sementara itu, biasanya persetujuan seperti itu berlaku selama tiga tahun.

Meski pertanyaan-pertanyaan baru tersebut tidak wajib diisi, di dalam formulir disebutkan bahwa ketidaklengkapan pemberian informasi dapat menunda atau menghentikan proses permohonan visa seseorang.

“Permintaan biografi detil selama 15 tahun dan pengharapan bahwa pemohon mengingat akun media sosialnya selama lima tahun terakhir adalah untuk menemukan pemohon yang tanpa disengaja salah mengisi atau tidak dapat mengingat seluruh informasi yang diminta,” ungkap para pengacara dan advokat imigrasi.

Presiden Iranian American Bar Association dan jaksa San Fransisco, Babak Yousefzadeh mengatakan bahwa pertanyaan-pertanyaan baru tersebut memberikan “kekuasaan sewenang-wenang” kepada pegawai kedutaan AS untuk menentukan siapa mendapatkan visa tanpa pengawasan efektif terhadap keputusan mereka.

“AS menjadi negara yang memiliki proses permohonan visa paling ketat di dunia. Pengetatan proses permohonan visa tersebut tidak diketahui dan tidak jelas alasannya,” kata Yousefzadeh.

 

Penerjemah: Brasto G
Editor: Harun S

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...