Dam Oroville Bocor Terancam Salju Cair

0
41
Shari Mota, penduduk Gridley, mencoba menidurkan anak-anaknya di pusat evakuasi di Butte County Fairgrounds, Chico, California.

OROVILLE – Setelah dua hari mengungsi tanpa kepastian, sekitar 200.000 penduduk Northern California dari kawasan hilir Bendungan Oroville di Amerika Serikat diizinkan kembali ke rumah, Selasa (14/2). Tapi, mereka tetap diingatkan mungkin kembali mengungsi ke tempat lebih tinggi jika tim teknisi tidak bisa segera memperbaiki struktur dam yang bocor.

Para teknisi bekerja keras memperbaiki bocoran di saluran pembuangan Oroville Dam yang membendung Danau Oroville. Hasil perbaikan akan diuji akhir pekan ini dengan prakiraan serangkaian badai kecil di wilayah tersebut. Tapi ujian sesungguhnya akan datang beberapa minggu ke depan ketika salju mulai mencair dari pegunungan terdekat.

“Ada prospek kami kembali mengeluarkan perintah evakuasi jika situasinya berubah dan risiko meningkat,” kata Kory Honea, sherrif di Butte County. “Warga dibolehkan kembali ke rumah tetapi harus tetap waspada.”

Penduduk yang hidup di bawah Oroville Dam tiba-tiba diperintahkan mengungsi pada Minggu setelah pihak berwenang melihat luberan besar air danau buatan manusia itu. Saluran pembuangan di bendungan mengalami kerusahan, dengan lobang yang semakin besar. Perintah evakuasi dilakukan dengan pertimbangan kemungkinan tumpahan air membesar karena erosi.

Selama akhir pekan, air danau meluap dan tumpah menembus saluran pembuangan darurat tak beraspal hampir 40 jam. Setelah tumpahan cenderung membesar dan merusak bagian bawahnya, ketinggan air mulai menurun.

Departemen Sumber Daya Air California mengatakan, dua lubang di saluran telah diperbaiki dan bendungan siap mewadahi hujan dan salju cair. Dikatakan, air danau di belakang Oroville Dam sudah dikuras sehingga saluran pembuangan yang bocor bisa dibenahi.

Ramalan cuaca menyebut bakal ada hujan lebat pada Rabu, dan segera ada salju mencair pecan depan. Sementara, 40 truk dikerahkan untuk mengurukkan 30 ton pasir, blok beton dan batu-batu setiap jam ke kawasan rusak. Helikopter juga menjatuhkan kantong batu dan pasir ke situs masalah.

Oroville Dam membendung Sungai Feather di timur kota Oroville, di negara bagian California. Dengan tembok 235 meter, dam ini tertinggi di Amerika Serikat. Dam yang mulai dibangun 1961 dan diresmikan 1968 ini utamanya untuk suplai air, pembangkit listrik, dan kendali banjir.

 

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Sri Untari

Jadi Cawagub Khofifah, PDIP Akan Pecat Emil Dardak Sebagai Kader

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - PDI Perjuangan akan memecat dengan mencabut kartu tanda anggota (KTA) Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak sebagai kader partai. Hal ini dilakukan...

Tentukan Nasib Novanto, Inilah Keputusan Rapat Pleno Partai Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar baru saja berakhir. Rapat yang dimulai pukul 13.00 WIB ini menghasilkan beberapa keputusan. Antara lain, Rapat Pleno ‎memutuskan...
sawah tercemar

Diberi Dana Tali Asih, Petani Tetap Tuntut PT Mitrabara Bayar Ganti Rugi Yang Sesuai

MALINAU, SERUJI.CO.ID - PT Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) menyerahkan dana tali asih sebesar Rp500 juta kepada petani sebagai bentuk ucapan permohonan maaf atas tercemarnya...

KANAL WARGA TERBARU

skripsi

Ingin Tulisan “WARGA SERUJI” Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

SERUJI.CO.ID - Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan anda di kanal "WARGA SERUJI", saya coba berikan sedikit petunjuk...
follow-leader

Menjadi Seorang Pemimpin

Seorang leader/pemimpin harus memiliki jiwa melayani. Pemimpin yang baik berasal dari pengikut yang baik. Cara menjadi pengikut yang baik adalah dengan mendengar, menjadi seorang...

KAPAN PEMIMPIN HARUS DIPATUHI ?

Luthfi Bashori Suatu saat Rasulullah SAW mengirim satu pasukan dan mengangkat seorang Anshar sebagai pemimpin, serta memerintahkan agar seluruh pasukan mematuhi pemimpinnya. Di tengah jalan, tiba-tiba...