KPK Tahan 2 Calon Wali Kota Malang Tersangka Suap APBD-P 2015

0
63
Ya’qud Ananda Gudban, calon Wali Kota Malang 2018-2023.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan 2 orang calon Wali Kota Malang dalam kasus suap terkait pembahasan APBD-P Pemkot Malang Tahun Anggaran 2015.

Kedua calon Wali Kota tersebut adalah Moch Anton dan Ya’qud Ananda Gudban. Anton adalah petahana yang kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Syamsul Mahmud (Asik) sebagai paslon nomor urut 2 yang diusung PKB, Gerindra dan PKS.

Sementara Ananda Gudban adalah mantan anggota DPRD Kota Malang yang menjadi paslon nomor urut 1, berpasangan dengan Ahmad Wanedi (Menawan) dan diusung oleh PDI-P, PAN, PPP, Hanura dan Partai Nasdem.

Kedua calon Wali Kota ini ditahan selepas dilakukan pemeriksaan oleh KPK sejak Selasa (27/3) pagi hingga malam, bersama dengan lima anggota DPRD lainnya yang juga ditahan.

“Moch Anton, Wali Kota Malang ditahan di Rutan Cabang Guntur dan enam anggota DPRD ditahan di Rutan Cabang KPK. Penahanan untuk 20 hari pertama,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (27/3) malam.

Kelima anggota DPRD Kota Malang tersebut adalah Heri Pudji Utami (PPP), Abdul Rachman (PKB), Hery Subianto (Demokrat), Rahayu Sugiarti (Golkar), dan Sukarno (Golkar).

Sebelumnya pada Agustus 2017 lalu, KPK telah menetapkan dua tersangka dalam kasus suap APBD-P 2015 ini, yakni mantan Ketua DPRD Kota Malang M Arief Wicaksono dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Jarot Edy Sulistyono.

Baca juga: Cawalinya Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka, PPP: Kami Serahkan Proses Hukum

Setelah melakukan penyelidikan dan mendalami kasus tersebut, KPK pun mengumumkan kembali bahwa Wali Kota Malang, Moch Anton bersama 18 anggota DPRD Kota Malang 2014-2019 lainnya, ikut terlibat dalam kasus tersebut dan ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (21/3).

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Minta Nasihat Kiai, PKS Bersilaturahim ke PWNU Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Jawa Timur melakukan silaturahmi dan meminta nasihat ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) setempat sekaligus membahas...

Polres Ngawi Amankan Ribuan Liter Minuman Keras

NGAWI, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Ngawi, Jawa Timur, mengamankan ribuan liter berbagai jenis minuman keras yang siap dijual di wilayah hukumnya hingga membahayakan masyarakat...

Polisi Tangkap Pemuda Mabuk Bawa Dua “Sajam”

BANJARMASIN, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang pemuda berinisial MH (27) warga Desa Ambutun, Kecamatan Telaga Langsat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel, karena gerak-gerik...

Muhaimin Iskandar Minta Didoakan Jadi Wapres Pada 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar secara terbuka meminta didoakan para nelayan dan ibu-ibu di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara,...

Naik Sepeda Motor, Seorang Siswa SMP Tewas Tertabrak Bus

GARUT, SERUJI.CO.ID - Kecelakaan maut terjadi di Jalan Limbangan menuju Bandung, tepatnya di daerah Cibedug, desa Cigagade. Tabrakan terjadi antara sepeda motor dengan bus...