KPK Tahan 2 Calon Wali Kota Malang Tersangka Suap APBD-P 2015

0
97
Ya’qud Ananda Gudban, calon Wali Kota Malang 2018-2023.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menahan 2 orang calon Wali Kota Malang dalam kasus suap terkait pembahasan APBD-P Pemkot Malang Tahun Anggaran 2015.

Kedua calon Wali Kota tersebut adalah Moch Anton dan Ya’qud Ananda Gudban. Anton adalah petahana yang kembali mencalonkan diri berpasangan dengan Syamsul Mahmud (Asik) sebagai paslon nomor urut 2 yang diusung PKB, Gerindra dan PKS.

Sementara Ananda Gudban adalah mantan anggota DPRD Kota Malang yang menjadi paslon nomor urut 1, berpasangan dengan Ahmad Wanedi (Menawan) dan diusung oleh PDI-P, PAN, PPP, Hanura dan Partai Nasdem.

Kedua calon Wali Kota ini ditahan selepas dilakukan pemeriksaan oleh KPK sejak Selasa (27/3) pagi hingga malam, bersama dengan lima anggota DPRD lainnya yang juga ditahan.

“Moch Anton, Wali Kota Malang ditahan di Rutan Cabang Guntur dan enam anggota DPRD ditahan di Rutan Cabang KPK. Penahanan untuk 20 hari pertama,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa (27/3) malam.

Kelima anggota DPRD Kota Malang tersebut adalah Heri Pudji Utami (PPP), Abdul Rachman (PKB), Hery Subianto (Demokrat), Rahayu Sugiarti (Golkar), dan Sukarno (Golkar).

Sebelumnya pada Agustus 2017 lalu, KPK telah menetapkan dua tersangka dalam kasus suap APBD-P 2015 ini, yakni mantan Ketua DPRD Kota Malang M Arief Wicaksono dan mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan (PUPPB) Jarot Edy Sulistyono.

Baca juga: Cawalinya Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka, PPP: Kami Serahkan Proses Hukum

Setelah melakukan penyelidikan dan mendalami kasus tersebut, KPK pun mengumumkan kembali bahwa Wali Kota Malang, Moch Anton bersama 18 anggota DPRD Kota Malang 2014-2019 lainnya, ikut terlibat dalam kasus tersebut dan ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (21/3).

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...