Kasus Penerimaan Gratifikasi, KPK Lanjutkan Penggeledahan di Kutai Kartanegara

SAMARINDA, SERUJI.CO.ID – Petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melanjutkan penggeledahan di sejumlah instansi lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (27/9), terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi dengan tersangka Bupati Rita Widyasari.

Ada empat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau kantor dinas yang didatangi petugas KPK, masing-masing Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Perumahan.

Sehari sebelumnya, petugas KPK juga telah melakukan penggeledahan di Kantor Bupati Kutai Kartanegara dan sejumlah tempat. Beberapa koper berisi dokumen dibawa petugas dari penggeledahan yang berlangsung sekitar 11 jam itu.

Dari informasi yang diperoleh di lapangan, selain empat kantor dinas tersebut, tim penyidik KPK juga melakukan pengembangan penyidikan di Kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pengamanan ketat dari aparat kepolisian terlihat saat petugas KPK menggeledah kantor Dinas Pekerjaan Umum yang berada satu komplek dengan gedung Pemkab Kutai Kartanegara.

Empat personel kepolisian lengkap dengan senjata laras panjang berjaga-jaga di depan pintu masuk kantor Dinas PU. Sementara di dalam ruangan gedung berdinding kaca tersebut, sejumlah pegawai terlihat mondar-mandir dengan membawa sejumlah tumpukan map memasuki ruangan.

Sebagian staf lainnya ada yang duduk santai di luar gedung dan bercengkerama dengan sesama rekannya.

Arifin, salah satu pegawai Dinas PU Kutai Kartanegara, menuturkan operasi penggeledahan yang dilakukan tim KPK berlangsung sejak pukul 09.00 Wita.

“Mulai jam sembilan pagi tadi, tapi bos (kepala Dinas PU, red) tidak ada di kantor. Dia sedang berada di Jakarta,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, petugas KPK masih melakukan penggeledahan untuk mencari dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai barang bukti.

KPK telah menetapkan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi.

Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Selasa (26/9), mengatakan tim KPK sedang melakukan penggeledahan di kantor Bupati Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

“Tadi penggeledahan untuk mengumpulkan barang bukti, kalau tidak salah kantor bupati,” tambah Agus Dari penelusuran, Rita diduga menerima gratifikasi selama menjabat dua periode sebagai bupati yaitu 2010-2015 dan 2016-2021. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER