Mengintip Benteng Keraton Buton, Situs Sejarah Peninggalan Bangsa

Indonesia memang tak ada habisnya dengan cerita sejarah di setiap sudutnya.

SERUJI.CO.ID – Selain kaya akan wisata alam, Indonesia juga tak luput dari wisata sejarah dan budaya yang juga beragam. Salah satunya adalah Benteng Keraton Buton, yang berada di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Dilansir dari travelingyuk.com, pada 2006 lalu, benteng ini tercatat sebagai benteng terluas di dunia oleh Guinness Book of Record. Pantas saja, luas total bangunan ini mencapai lebih dari 22 hektar.

Bangunan peninggalan kesultanan dari abad ke-16 ini, awalnya hanyalah tumpukan batu yang disusun mengelilingi kompleks istana. Tujuannya adalah sebagai pembatas antara lingkungan istana dan pemukiman rakyat.

 

Di masa pemerintahan La Sangaji ke-3 (1591-1597) pembangunan benteng ini mulai dilaksanakan. Kemudian selesai dibangun, pada masa pemerintahan La Buka Gafarul Wadudu di tahun 1632-1645.

Baca juga: Tempat Wisata Lokal Yang Asik Untuk Libur Akhir Tahun

Benteng dengan tinggi mencapai 8 meter ini, awalnya difungsikan sebagai tempat tinggal sekaligus perlindungan para raja dan kepala adat, dari serangan bajak laut. Tak hanya itu, lewat benteng ini, pekerja istana dapat mengawasi kapal-kapal yang melintasi pesisir. Menariknya, benteng dengan ketebalan dinding 50 cm ini, konon hanya dibangun menggunakan batu gunung yang direkatkan dengan bantuan pasir, kapur dan putih telur.

Saat mengunjungi benteng tersebut, anda juga akan menemukan benda-benda bersejarah lain seperti rumah adat Malige, Batu Popau untuk tempat pelantikan para raja, Sulana Tombi atau tiang bendera yang dibangun pada tahun 1712, Masigi atau masjid dan sejumlah meriam tua. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...