Mengenal Heat Stroke dan Cara Mencegahnya

Teriknya matahari membuat orang bisa terkena heat stroke. Mintalah bantuan orang lain bila gejala ini menimpa anda.

SERUJI.CO.IDHeat stroke adalah kondisi saat anda mengalami peningkatan suhu cukup drastis bahkan bisa mencapai 40°C, akibat sengatan matahari yang terlalu terik hingga tubuh tidak bisa menerima.

Gejala heat stroke diawali dengan suhu tubuh yang meningkat, keringat mengucur deras, sakit kepala dan terasa berkunang-kunang, kulit merah dan masih banyak lagi. Gejala paling parah adalah disertai dengan mual muntah, napas ngos-ngosan dan pingsan.

Langkah pertama jika anda terserang heat stroke, mintalah orang lain untuk mendinginkan suhu tubuh anda dengan apapun caranya.

 

Bisa dengan membawa ke ruangan ber AC, mengguyur tubuh dengan air dingin, kompres seluruh tubuh dengan air es terutama pada bagian leher, ketiak dan selangkangan, atau bisa juga dengan minum air dingin non kafein dan non alkohol.

Mencegah heat stroke bisa dengan mengenakan baju berbahan tipis dan longgar saat harus beraktivitas di luar ruangan. Oleskan sun block dengan SPF 30. Terpeting adalah perbanyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close