close

Manfaat Lingkungan “Kotor” Untuk Bayi

Pernah dengar istilah berani kotor itu baik! Rasanya hal itu tepat diterapkan kepada buah hati anda semenjak dini.

SERUJI.CO.ID – Bagi anda pemilik new born baby tentunya ingin memberi yang terbaik untuk anak. Termasuk soal kebersihan rumah. Namun rumah yang terlalu bersih, apakah benar baik untuk tumbuh kembang bayi?

Padahal sebuah penelitian mengatakan, bayi yang sedikit bersinggungan dengan bakteri di awal kehidupannya, memiliki resiko terkena alergi lebih rendah, dibanding yang di awal kehidupannya terlalu steril dan higienis.

Dari Journal of Allergy and Clinical Immunology menyimpulkan dari penelitian yang mereka lakukan. Anak-anak usia 0 -3 tahun yang terkena alergi dan bersentuhan dengan hewan peliharaan, memiliki daya tahan lebih kuat terhadap alergi. Sementara anak-anak yang tinggal di lingkungan terlalu bersih, lebih mudah terkena alergi, asma dan beberapa penyakit lain.

 

Bersinggungan langsung dengan bakteri sejak dini, membuat imun tubuh terlatih dalam melindungi si kecil dalam menekan resiko alergi.

Meski begitu bukan berarti ini menjadi alasan bunda dan ayah tidak rajin membersihkan rumah ya. Rumah yang terlalu kotor dan berdebu juga tidak baik untuk keluarga, tak cuman si bayi melainkan juga orang tua.

Agar kekuatan tubuh anak selalu terjaga, tak ada salahnya membiarkan anak mengeksplorasi dirinya dengan bermain di tempat kotor, seperti taman atau halaman rumah.

Jangan terlalu sering membersihkan tangan buah hati. Namun tetap, sebelum makan, bunda harus memastikan tangan anak sudah bersih. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?