close

Komedian Hijabers Asal Pekalongan Ini Masuk Dalam Daftar BBC 100 Women, Siapa Dia?

Kegigihan dan idealisme Sakdiyah, mengantarnya masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54.

SERUJI.CO.ID – Nama Sakdiyah Ma’ruf mungkin tidak asing di dunia komedi Internasional. Wanita keturunan Arab asal Pekalongan ini, masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54. Berita baik ini membuat nama Indonesia cukup dikenal di dunia Internasional.

Tahun ini BBC merilis 100 wanita yang dinilai menginspirasi dan berpengaruh di dunia, yang dilakukan pada sekitar 60 negara. Dari sekian banyak wanita yang berpengaruh dari Indonesia, nama Diyah justru yang terpilih.

Wanita yang akrab disapa Diyah ini terkenal melalui humor-humornya yang membahas seputar Islam, untuk mengatasi ekstermisme Islam di Indonesia. Ciri khas humornya itu adalah misi yang ia pegang teguh.

 

Dilansir dari BBC News, alasan Diyah terpilih karena menjadi komika perempuan pertama, yang menggunakan materi komedi untuk melawan kekerasan dan ekstrimisme terhadap perempuan.

Lulusan jurusan Bahasa Inggris dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengawali karirnya sebagai penerjemah. Saat  bekerja, ia juga mengisi waktu luangnya melatih kemampuannya di dunia stand up comedy.

Kelihaiannya dalam berbicara bahasa Inggris, membuat Diyah lebih cepat dikenal oleh media di manca negara. Salah satu penampilannya yang viral, adalah saat dia berprestasi di video TED X Ubud.

Dalam video tersebut, Diyah konsisten mengambil tema tentang wanita, Islam dan pesan positif lain kepada penonton.

Tak hanya itu, Diyah juga pernah menyabet penghargaan Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015, penghargaan dari The Human Rights Foundation (HRF) tersebut, langsung ia terima di Oslo, Norwegia. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar

Pemakaian Tabir Surya Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Saat memakai tabir surya dan pelembab, area sekitar mata sering terlupakan, terutama dekat hidung