Komedian Hijabers Asal Pekalongan Ini Masuk Dalam Daftar BBC 100 Women, Siapa Dia?

Kegigihan dan idealisme Sakdiyah, mengantarnya masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54.

SERUJI.CO.ID – Nama Sakdiyah Ma’ruf mungkin tidak asing di dunia komedi Internasional. Wanita keturunan Arab asal Pekalongan ini, masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54. Berita baik ini membuat nama Indonesia cukup dikenal di dunia Internasional.

Tahun ini BBC merilis 100 wanita yang dinilai menginspirasi dan berpengaruh di dunia, yang dilakukan pada sekitar 60 negara. Dari sekian banyak wanita yang berpengaruh dari Indonesia, nama Diyah justru yang terpilih.

Wanita yang akrab disapa Diyah ini terkenal melalui humor-humornya yang membahas seputar Islam, untuk mengatasi ekstermisme Islam di Indonesia. Ciri khas humornya itu adalah misi yang ia pegang teguh.

 

Dilansir dari BBC News, alasan Diyah terpilih karena menjadi komika perempuan pertama, yang menggunakan materi komedi untuk melawan kekerasan dan ekstrimisme terhadap perempuan.

Lulusan jurusan Bahasa Inggris dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengawali karirnya sebagai penerjemah. Saat  bekerja, ia juga mengisi waktu luangnya melatih kemampuannya di dunia stand up comedy.

Kelihaiannya dalam berbicara bahasa Inggris, membuat Diyah lebih cepat dikenal oleh media di manca negara. Salah satu penampilannya yang viral, adalah saat dia berprestasi di video TED X Ubud.

Dalam video tersebut, Diyah konsisten mengambil tema tentang wanita, Islam dan pesan positif lain kepada penonton.

Tak hanya itu, Diyah juga pernah menyabet penghargaan Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015, penghargaan dari The Human Rights Foundation (HRF) tersebut, langsung ia terima di Oslo, Norwegia. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.