Komedian Hijabers Asal Pekalongan Ini Masuk Dalam Daftar BBC 100 Women, Siapa Dia?

Kegigihan dan idealisme Sakdiyah, mengantarnya masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54.

SERUJI.CO.ID – Nama Sakdiyah Ma’ruf mungkin tidak asing di dunia komedi Internasional. Wanita keturunan Arab asal Pekalongan ini, masuk dalam daftar BBC 100 Women pada urutan ke-54. Berita baik ini membuat nama Indonesia cukup dikenal di dunia Internasional.

Tahun ini BBC merilis 100 wanita yang dinilai menginspirasi dan berpengaruh di dunia, yang dilakukan pada sekitar 60 negara. Dari sekian banyak wanita yang berpengaruh dari Indonesia, nama Diyah justru yang terpilih.

Wanita yang akrab disapa Diyah ini terkenal melalui humor-humornya yang membahas seputar Islam, untuk mengatasi ekstermisme Islam di Indonesia. Ciri khas humornya itu adalah misi yang ia pegang teguh.

 

Dilansir dari BBC News, alasan Diyah terpilih karena menjadi komika perempuan pertama, yang menggunakan materi komedi untuk melawan kekerasan dan ekstrimisme terhadap perempuan.

Lulusan jurusan Bahasa Inggris dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengawali karirnya sebagai penerjemah. Saat  bekerja, ia juga mengisi waktu luangnya melatih kemampuannya di dunia stand up comedy.

Kelihaiannya dalam berbicara bahasa Inggris, membuat Diyah lebih cepat dikenal oleh media di manca negara. Salah satu penampilannya yang viral, adalah saat dia berprestasi di video TED X Ubud.

Dalam video tersebut, Diyah konsisten mengambil tema tentang wanita, Islam dan pesan positif lain kepada penonton.

Tak hanya itu, Diyah juga pernah menyabet penghargaan Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015, penghargaan dari The Human Rights Foundation (HRF) tersebut, langsung ia terima di Oslo, Norwegia. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close