Dari seluruh mahout, tidak semuanya beruntung seperti Khairul yang telah menyandang status PNS.

Pargaitan Nahampun misalnya, pria berusa 51 tahun itu telah menjadi mahout di PLG Minas selama 13 tahun. Saat ini, dia hanya menjadi pegawai kontrak dengan penghasilan standar upah minimum regional (UMR) Riau.

Saat awal menjadi mahout, dia mengaku diangkat sebagai tenaga honorer. Dengan menjadi honorer, dirinya berharap ada perubahan status menjadi PNS. Belakangan, kebijakan pemerintah soal status honorer dihapus, dan diganti dengan status kontrak.

Setiap pegawai yang sebelumnya honor saat ini berstatus sebagai kontrak, dengan perpanjangan setiap satu tahun. Sedikitnya, ada 21 mahout yang memiliki status sama seperti Pargaitan.

Dengan penghasilan sebesar itu, dia mengaku harus bijak untuk memilah kebutuhan dapur serta biaya pendidikan dua anaknya.

Hal senada Pargaitan, juga dirasakan Una Harahap. Kedua pria itu telah menjadi mahout hingga saat ini yang selama 16 tahun.

Untuk menambah penghasilan, mereka mengaku berharap pada kunjungan masyarakat. Sebenarnya, tidak ada patokan harga bagi masyarakat yang berkunjung ke PLG Minas.

Namun, tidak dipungkiri masyarakat yang berkunjung terkadang memberikan uang sekadarnya kepada pengelola yang dapat menjadi tambahan bagi mahout berstatus kontrak.

Mereka berharap perhatian dan cinta yang telah dicurahkan kepada gajah-gajah itu setara dengan perhatian pemerintah kepada mahout.

Setidaknya, mereka meminta pemerintah dapat memberikan kejelasan status PLG Minas yang sejak dahulu diwacanakan sebagai tujuan wisata, namun hingga kini wacana itu menguap entah ke mana.

Mereka memastikan bahwa meski hidup dengan penghasilan terbatas, cinta-cinta mereka kepada gajah tersebut tidak akan mudah luntur.

Setidaknya untuk saat ini, gajah-gajah tersebut tetap sehat dan bahagia bersama mahout.

(Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
loading...