close

Jangan Pernah Bandingkan Anak, Jika Tak Mau Terjadi Hal Seperti Ini

Anakmu bukan anakmu. Mereka datang melaluimu, tapi mereka bukan milikmu -Khalil Gibran-

SERUJI.CO.ID – Baru-baru ini dunia media sosial dihebohkan dengan curhatan siswa SD saat pembagian rapor.

Hadirilah! Pengajian Akbar Penceramah: Orang Tua Waktu: Setelah pembagian rapot Tempat: Rumah sendiri Materi: – Hape jadi sasaran, anak tetangga jadi motivasi Gratis!!! No Hoax!!!

Postingan ini diunggah di akun facebook seorang guru bernama Laeli Maghfiroh pada tanggal 13 Desember 2018 lalu, dan dibagikan ulang oleh beberapa teman di facebooknya kemudian menjadi viral.

Tak sekedar gurauan belaka. Tulisan tersebut mengungkapkan isi hati anak apabila dirinya dibandingkan dengan anak lain, ataupun saudaranya.

Membandingkan anak sebenarnya bukan solusi bijak untuk mendidik anak agar lebih baik. Alih-alih termotivasi, anak justru akan terluka dan mengalami hal-hal buruk seperti berikut.

1
Stres

Sering dibanding-bandingkan dengan anak lain, membuat anak akan merasa terbebani dengan permintaan orang tua. Tak hanya itu, ia pun merasa tertekan untuk bisa seperti apa yang diinginkan oleh ayah dan bunda.

Hal ini bisa membuat jiwa anak terguncang dan stress. Lebih baik, ajak bicara anak dari hati ke hati, tanyakan mengapa performanya dalam belajar mengalami penurunan, hingga berimbas terhadap nilai yang dia dapatkan.

Dengan begini, anak merasa didengarkan dan dihargai.

Rendah Diri

Merasa tak layak dan tak bisa berkompetisi, membuat anak menjadi rendah diri apabila terus dibanding-bandingkan dengan anak lain. Anak juga akan merasa temannya jauh lebih baik dari dirinya. Padahal bisa jadi dia memiliki bidang yang diminati, yang apabila diarahkan dengan baik bisa membuat dia unggul ketimbang teman-teman lain.

2
Krisis Percaya Diri

Cap sebagaiĀ loser karena sering dibandingkan kemampuannya dengan anak lain, membuat anak merasa tidak percaya diri. Ia cenderung merasa berada di tempat yang salah dan menarik diri dari lingkungan sosial dan keramaian.

3
Bakat Terpendam

Setiap anak bisa jadi memiliki bakat terpendam yang butuh dukungan dari orang tua untuk mengembangkan bakat tersebut. Sebaiknya turunkan ego anda untuk tidak menghalagi bakat tersebut, jika bakat yang dimiliki anak tidak sesuai dengan keinginan orang tua.

Dampingi anak dan jangan bandingkan kemampuan dia dengan kemampuan anak lain di bidang yang selama ini mungkin anda harapkan.

4
Hubungan Renggang

Terus dibanding-bandingkan dengan anak lain, membuat anak merasa tidak nyaman dan merasa orang tua tidak pernah ada untuk dia. Perasaan tersebut akan menumbuhkan rasa kecewa pada anak, dan membuat melihat orang tua sebagai sumber dari segala sakit hati yang menggerogoti jiwanya. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?