Ribuan Peserta “Bondowoso Bersholawat” Doakan Rakyat Rohingya

0
rohingya
Anak-anak Muslim Rohingya sedang berdoa setelah melakukan ibadah sholat di Negara Bagian Arakan, Myanmar. (Foto: about.com)

BONDOWOSO – Ribuan orang peserta kegiatan “Bondowoso Bersholawat” yang dipimpin oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy di Alun-alun Kota Bondowoso, Jawa Timur, Kamis(14/9) tengah malam berdoa untuk keselamatan warga Muslim Rohingya di Myanmar.

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, Kiai Ahmad Azaim Ibrahimy mengajak jamaah membacakan surat Al Fatihah untuk warga Muslim Rohingya agar mereka senantiasa berada dalam lindungan Allah.

“Kita doakan semoga saudara kita itu segera bisa keluar dari problem hidup yang sedang dihadapinya. Lakon teater tadi ada kemiripan dengan apa yang terjadi pada saudara kita di Myanmar, yakni nyawa manusia tidak berharga,” kata ulama muda kharismatik ini.

Cucu Pahlawan Nasional KHR As’ad Syamsul Arifin ini mengajak semua pihak untuk bergerak membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi warga Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, itu.

“Bukan saja umat Islam, karena ini menyangkut persoalan kemanusiaan. Umat beragama lainnya, atas nama kemanusiaan harus ikut bergerak untuk menentang apa yang terjadi di sana,” kata lulusan pesantren di Mekkah ini.

Para pemimpin di seluruh belahan dunia, katanya, harus menggunakan jalur diplomasinya untuk membantu menyelesaikan masalah Muslim Rohingya itu.

“Mereka yang selama ini getol menyuarakan tentang hak asasi manusia atau HAM, mari sekarang kita satu tujuan untuk membela mereka yang teraniaya, yang terampas hak asasinya,” katanya.

Kepada umat Islam di Indonesia, khususnya mereka yang memiliki harta, Kiai Azaim mengajak untuk mendonasikan hartanya, namun harus disalurkan dengan hati-hati agar betul-betul sampai kepada yang membutuhkan.

“Bagi mereka yang tidak mampu menyumbangkan dana, setidaknya kita ikut mendoakan mereka sebagaimana kita malam ini,” katanya. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Sri Mulyani

Menkeu: Jangan-jangan Anggaran Tak Dinikmati Masyarakat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Angka kemiskinan tercatat masih di angka 10,9 persen. Padahal, pemerintah telah menggelontorkan dana cukup besar untuk menanggulangi kemiskinan. Menteri Keuangan Sri...

3 Putra Mahkota Menunggu Nasib, Dibalik Isu Dahlan Jual Sahamnya di Jawa Pos

SERUJI.CO.ID - Maraknya kabar Dahlan Iskan menjual sahamnya di Jawa Pos kepada taipan property, Ciputra, tak lepas dari “perang strategi” menentukan siapa “putra mahkota” berikutnya yang akan...

Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

SERUJI.CO.ID - Peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami oleh Ketua DPR Setya Novanto saat menumpang kendaraan Hilman Mattauch, seorang wartawan sebuah stasiun televisi, bisa menjadi salah...

Politisi Golkar Bantah Pelipis Novanto Benjol Sebesar Bakpao

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin membantah bahwa Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengalami luka memar dan benjol sebesar bakpao...
Kursi DPR

“Tupai Berkuasa” Jatuh Juga

SERUJI.CO.ID - Para pelajar sekolah rakyat ataupun sekolah dasar pada puluhan lalu diajari sebuah peribahasa atau perumpamaan yang kalimat kurang lebih menyatakan "sehebat-hebatnya tupai...
Pembebasan sandera dan evakuasi warga dari kelompok separatis Papua

Aparat Kawal Ketat Proses Evakuasi Warga ke Timika

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 344 warga yang dievakuasi dari perkampungan di Distrik Tembagapura, dikawal hingga tiba dengan selamat di Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi...