Mahfud Ungkap KH Ma’ruf Amin Yang Beri Perintah NU Ancam Jokowi Terkait Cawapres

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Mahfud MD mengungkap pihak yang telah memerintahkan PBNU untuk “mengancam” Presiden Jokowi jika memilih cawapres untuk mendampinginya di Pilpres 2019, bukan dari warga Nahdlatul Ulama (NU).

Hal itu disampaikan Mahfud mengisahkan detik-detik tersingkirnya ia jadi cawapres Jokowi, sehubungan adanya “ancaman” dari PBNU yang disampaikan Ketua PBNU Robikin Emhas jelang penetapan cawapres Jokowi pada Kamis (9/8) petang yang lalu.

Diungkapkan oleh Mahfud bahwa yang memerintahkan Robikin untuk mengeluarkan pernyataan yang bernada ancaman tersebut adalah Rai Aam PBNU, KH Ma’ruf Amin.

“Yang menyuruh itu KH Ma’ruf Amin,” kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini di acara Indonesian Lawyer Club (ILC), Selasa (14/8) malam.

Mahfud menyebut bahwa Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang memberitahunya hal tersebut.

“Bagaimana saya tahu KH Ma’ruf Amin (yang memerintahkan, red), Muhaimin yang bilang ke saya,” ungkap Mahfud.

Diceritakan oleh Mahfud, bahwa berdasarkan cerita dari Muhaimin, pada Rabu (8/8) sore, sehari sebelum pengumuman cawapres Jokowi, ada pertemuan di Kantor PBNU antara Kiai Ma’ruf Amin, Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj, dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar.

“Itu yang nyuruh kiai Ma’ruf,” kata Mahfud menirukan pengakuan Muhaimin saat bertemu dengan dirinya pada Kamis (9/8) siang.

Mahfud melanjutkan bahwa pertemuan di PBNU digelar tak lama setelah Kiai Ma’ruf Amin, KH Said Aqil Siroj, dan Cak Imin dipanggil Jokowi ke Istana untuk diminta masukan soal nama cawapres.

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER