KPU Tetapkan Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jateng, Ini Jumlahnya

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Jumlah pemilih berdasar data pemilih sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 tercatat sebanyak 27.348.878 jiwa yang tersebar di 35 kabupaten/kota, 573 kecamatan, 8.559 desa/kelurahan dengan 63.974 tempat pemungutan suara (TPS).

“Berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Pilgub Jateng yang kami laksanakan Jumat (16/3) malam, jumlah laki-laki yang tercatat dalam DPS sebanyak 13.621.444 jiwa, sedangkan perempuan pemilih 13.727.434 jiwa,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Sabtu (17/3).

Dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng, DPS di Kabupaten Brebes tercatat terbanyak yakni berjumlah 1.463.224 jiwa, sedangkan DPS di Kota Magelang yang paling sedikit yakni 89.759 jiwa.

Menurut dia, jumlah DPS Pilgub Jateng 2018 dari sisi validitas sudah lebih baik dibandingkan periode sebelumnya karena prosesnya disempurnakan oleh Undang-Undang dan Peraturan KPU.

“Data DPS Pilgub Jateng 2018 itu berdasarkan rekapitulasi pencocokan dan penelitian data pemilih dari berbagai daerah,” ujarnya.

Joko menyebutkan pemilih potensial pada Pilgub Jateng 2018 yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan berjumlah 829.832 jiwa.

Menurut dia, hal itu karena jumlah pemilih yang berusia 17 tahun sampai hari pemungutan suara Pilgub Jateng atau 27 Juni 2018, cukup banyak.

“Untuk penyelesaiannya, kami sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil yang akan. melakukan perekaman bagi pemilih potensial yang belum ber-KTP Elektronik sehingga Daftar Pemilih Tetap yang akan ditetapkan pada April 2018 bisa valid,” katanya.

Pilgub Jateng 2018 secara resmi diikuti pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi