KPU Tetapkan Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jateng, Ini Jumlahnya

0
73
Pilgub Jateng 2018

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Jumlah pemilih berdasar data pemilih sementara (DPS) Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2018 tercatat sebanyak 27.348.878 jiwa yang tersebar di 35 kabupaten/kota, 573 kecamatan, 8.559 desa/kelurahan dengan 63.974 tempat pemungutan suara (TPS).

“Berdasarkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS Pilgub Jateng yang kami laksanakan Jumat (16/3) malam, jumlah laki-laki yang tercatat dalam DPS sebanyak 13.621.444 jiwa, sedangkan perempuan pemilih 13.727.434 jiwa,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo di Semarang, Sabtu (17/3).

Dari 35 kabupaten/kota di Provinsi Jateng, DPS di Kabupaten Brebes tercatat terbanyak yakni berjumlah 1.463.224 jiwa, sedangkan DPS di Kota Magelang yang paling sedikit yakni 89.759 jiwa.

Menurut dia, jumlah DPS Pilgub Jateng 2018 dari sisi validitas sudah lebih baik dibandingkan periode sebelumnya karena prosesnya disempurnakan oleh Undang-Undang dan Peraturan KPU.

“Data DPS Pilgub Jateng 2018 itu berdasarkan rekapitulasi pencocokan dan penelitian data pemilih dari berbagai daerah,” ujarnya.

Joko menyebutkan pemilih potensial pada Pilgub Jateng 2018 yang belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau surat keterangan berjumlah 829.832 jiwa.

Menurut dia, hal itu karena jumlah pemilih yang berusia 17 tahun sampai hari pemungutan suara Pilgub Jateng atau 27 Juni 2018, cukup banyak.

“Untuk penyelesaiannya, kami sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil yang akan. melakukan perekaman bagi pemilih potensial yang belum ber-KTP Elektronik sehingga Daftar Pemilih Tetap yang akan ditetapkan pada April 2018 bisa valid,” katanya.

Pilgub Jateng 2018 secara resmi diikuti pasangan calon gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sedangkan Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB. (Ant/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Pelabuhan Sita Ribuan Botol Miras

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Pelabuhan, Sulawesi Selatan, menyita 5.267 botol minuman keras beralkohol berbagai merek saat melakukan razia di beberapa lokasi diskotek, pub,...

Setnov Bantah Keterangan Perawat dan Satpam RS

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) membantah sejumlah keterangan perawat dan anggota satpam RS Medika Permata Hijau yang mengatakan dirinya sadar...

Mourinho Bantah Telah Menjual Salah

LONDON, SERUJI.CO.ID - Mantan manajer Chelsea Jose Mourinho tidak terkejut dengan penampilan bagus penyerang Liverpool Mohamed Salah pada musim ini, dan mengatakan keputusan untuk...
Febri Diansyah

KPK Panggil Tiga Anggota DPRD Kota Mojokerto

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tiga anggota DPRD Kota Mojokerto dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap pengalihan anggaran pada Dinas Pekerjaan...
yasonna laoly, menkumham

Terkait Isu TKA, Ini Komentar Menkumham

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna H Laoly menilai isu Tenaga Kerja Asing (TKA) terlalu dipolitisasi. "Jadi ini kan terlalu...