Kemlu: Palestina Nafas Diplomasi Indonesia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Direktur Timur Tengah Kementrian Luar Negeri (Kemlu) Sunarko menegaskan, Palestina ada dalam detak jantung dan desahan nafas diplomasi dan politik luar negeri Indonesia.‎ Karena itu, sampai kapanpun, Indonesia akan selalu bersama perjuangan rakyat Palestina, hinga Palestina meraih kemerdekaan.

‎Menurutnya, isu Palestina merupakan masalah yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dan hal ini sesuai dengan mandat konstitusi kita, pembukaan UUD 1945, yang menyatakan bahwa ‎kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Sehingga, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

“Atas dasar itulah, Indonesia akan selalu ikut serta dalam ketertiban dan perdamaian dunia,” tegas Sunarko, di Jakarta, Jumat (15/12).

Bangsa Indonesia, kata Sunarko, telah bersama Palestina sejak 70 tahun yang lalu. Indonesia juga selalu mendorong upaya-upaya menuju kemerdekaan Palestina. Dan langkah terakhir adalah dalam Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT LB) OKI di Istanbul, Turki, Rabu (13/12) kemarin. ‎

Dalam forum tersebut, Indonesia berupaya keras agar dunia melihat dan memberikan perhatian lebih kepada Palestina.

“Ini merupakan langkah konkret Pemerintah Indonesia agar Palestina mendapatkan hak-haknya sebagai sebuah bangsa dan negara,” ujar Sunarko.

Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia tersebut, sambung Sunarko, untuk menggugah kembali masyarakat dunia, khususnya negara anggota OKI agar segera mengambil sikap tegas.

Sebelumnya, dalam Bali Democracy Forum, juga sempat diagendakan pembahasan mengenai Palestina mendapat porsi besar. Sehingga, sepertinya bukan lagi bernama Bali Demokrasi Forum, tapi menjadi Palestina Demokrasi Forum.

“Sekali lagi, langkah ini dilakukan Indonesia untuk menggugah perhatian dunia. Dukungan Indonesia tidak hanya dalam konteks politik dan hubungan internasional, tapi juga dalam forum-forum bilateral. Kita tetap mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaannya,” papar Sunarko.

Selain upaya diplomasi dan politik luar negeri, Indonesia juga sudah melakukan lebih dari 1.811 program untuk peningkatan kapasitas building untuk Palestina. Hal ini dilakukan sebagai sebuah persiapan menuju kemerdekaan Palestina.

“Tiba-tiba saja, secara pihak, Amerika Serikat (AS) menyatakan Yerusalem adalah ibu kota Israel. Serta merta, banyak kecaman keras yang datang ditujukan kepada pernyataan Presiden AS Donald Trump tersebut,” ujar Sunarko.

Menanggapi pernyataan sepihak Presiden AS tersebut, Sunarko menjelaskan, Presiden Jokowi langsung menyatakan secara tegas penolakan atas pernyataan sepihak Presiden Trump.

“Yang menarik, sesungguhnya pernyataan Presiden Jokowi bukan hanya pernyataan dirinya sebagai seorang Presiden, tapi juga mewakili suara hati seluruh rakyat Indonesia yang selalu bersama perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaan,” ujar Sunarko. (Achmad/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O