Jika Terpilih, Sandiaga Janji Ubah Kebiasaan Utang dan Impor

SOLO, SERUJI.CO.ID – Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan mengganti kebiasaan lama Indonesia yang dianggapnya suka berutang dan impor. Menurut Sandi, kebiasaan buruk tersebut yang membuat ekonomi negeri ini terpuruk dan tergantung kepada asing.

“Insya Allah 2019, Prabowo Subianto dan saya jika terpilih menjadi pelayan rakyat, berjanji akan mengubah kebiasaan lama yakni kebiasaan utang dan impor,”¬†ucap Sandiaga Uno saat berdialog dengan warga dari perwakilan desa di Solo, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/12).

“Kasihan anak-anak bangsa. Dalam kondisi utang negara seperti sekarang ini, setiap bayi lahir sudah membawa beban utang Rp13 juta. 2019 akan kami cicil utang, agar negara ini bisa berdiri di kaki sendiri, bukan menyejahterakan bangsa lain dan membuat sengsara bangsa sendiri. Gemas saya,” lanjut Sandi.

Menurutnya, pelemahan ekonomi terjadi akibat impor yang meningkat. Seolah Indonesia tidak punya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Petani dan nelayan mengeluhkan soal impor ini. Keluhan yang sama terus diperolehnya di 950 titik yang sudah dikunjunginya sejak penetapan capres dan cawapres Agustus lalu.

“Stop menghamburkan uang untuk acara-acara seremonial, kita harus berhemat. Stop impor pangan saat petani panen, genjot produksi nasional,” tegasnya.

Sandi juga menyoroti soal pembangunan infrastruktur. Dikatakannya, infrastruktur seharusnya tidak perlu lagi menggunakan APBN, tapi pembangunan yang menggunakan private public partnership, sehingga tidak membebani anggaran negara.

Sandiaga mengatakan, pembangunan infrastruktur tanpa utang itu juga bukan hal yang baru. Ia lantas memberi contoh pembangunan tol tanpa APBN, bukan tanpa utang, yaitu Tol Cipali.

“Saya pernah turut membangun infrastruktur Jalan Tol Cipali 116 km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN,” kata Sandi. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER