Jika Terpilih, Sandiaga Janji Ubah Kebiasaan Utang dan Impor


SOLO, SERUJI.CO.ID – Sandiaga Salahuddin Uno berjanji akan mengganti kebiasaan lama Indonesia yang dianggapnya suka berutang dan impor. Menurut Sandi, kebiasaan buruk tersebut yang membuat ekonomi negeri ini terpuruk dan tergantung kepada asing.

“Insya Allah 2019, Prabowo Subianto dan saya jika terpilih menjadi pelayan rakyat, berjanji akan mengubah kebiasaan lama yakni kebiasaan utang dan impor,”¬†ucap Sandiaga Uno saat berdialog dengan warga dari perwakilan desa di Solo, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/12).

“Kasihan anak-anak bangsa. Dalam kondisi utang negara seperti sekarang ini, setiap bayi lahir sudah membawa beban utang Rp13 juta. 2019 akan kami cicil utang, agar negara ini bisa berdiri di kaki sendiri, bukan menyejahterakan bangsa lain dan membuat sengsara bangsa sendiri. Gemas saya,” lanjut Sandi.

Menurutnya, pelemahan ekonomi terjadi akibat impor yang meningkat. Seolah Indonesia tidak punya sumber daya alam dan sumber daya manusia. Petani dan nelayan mengeluhkan soal impor ini. Keluhan yang sama terus diperolehnya di 950 titik yang sudah dikunjunginya sejak penetapan capres dan cawapres Agustus lalu.

“Stop menghamburkan uang untuk acara-acara seremonial, kita harus berhemat. Stop impor pangan saat petani panen, genjot produksi nasional,” tegasnya.

Sandi juga menyoroti soal pembangunan infrastruktur. Dikatakannya, infrastruktur seharusnya tidak perlu lagi menggunakan APBN, tapi pembangunan yang menggunakan private public partnership, sehingga tidak membebani anggaran negara.

Sandiaga mengatakan, pembangunan infrastruktur tanpa utang itu juga bukan hal yang baru. Ia lantas memberi contoh pembangunan tol tanpa APBN, bukan tanpa utang, yaitu Tol Cipali.

“Saya pernah turut membangun infrastruktur Jalan Tol Cipali 116 km, tidak memakai uang negara dan membebani utang untuk negara dan BUMN,” kata Sandi. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

close