Gus Ipul Berjanji Tata Pasar Ramah Perempuan dan Anak

SUMENEP, SERUJI.CO.ID –┬áCalon Gubernur Jawa Timur 2018 nomor urut 2, Saifullah Yusuf, atau biasa disapa Gus Ipul, berjanji menata pasar tradisional menjadi lebih ramah bagi perempuan dan anak jika terpilih sebagai gubernur.

“Pasar tradisional yang bersih, aman, dan nyaman adalah dambaan semua warga agar mereka betah berbelanja. Namun, jangan lupa, pasar tradisional harus memiliki fasilitas untuk memuliakan kaum perempuan dan anak,” katanya di Sumenep, Selasa (27/3).

Gus Ipul berada di Sumenep sejak Senin (26/3) untuk menghadiri acara dan berkunjung ke sejumlah sentra ekonomi kreatif setempat, termasuk ke Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota.

Ia menjelaskan, pengunjung pasar tradisional didominasi kaum perempuan atau ibu untuk berbelanja kebutuhan keluarga.

Dalam konteks itu, penataan pasar tradisional harus didorong untuk menyediakan fasilitas lebih bagi perempuan dan anak.

“Rasio jumlah toilet dengan pengunjung harus dihitung agar para pengunjung pasar tradisional, utamanya kaum perempuan dan anaknya, tidak kesulitan menemukan fasilitas toilet,” kata Gus Ipul, menerangkan.

Kondisi jalan akses di pasar tradisional dibuat seaman dan senyaman mungkin bagi kaum perempuan, ketika berjalan kaki untuk berbelanja.

Ia menambahkan, kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan memiliki peranan penting guna mewujudkan pasar tradisional yang bersih dan nyaman sebagai tempat berbelanja.

Ketika berkunjung ke Pasar Anom Baru Sumenep, Gus Ipul prihatin dengan kondisi jalan akses yang rusak dan tergenang air.

Wakil Gubernur Jatim dua periode itu berbincang dengan sejumlah pedagang di Pasar Anom Baru Sumenep. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.