Beredar Hoaks Ponpes Lirboyo Dukung Prabowo, Inilah Maklumat Sebenarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Warganet di media sosial sejak Rabu (13/2) dihebohkan dengan sebuah surat maklumat dengan informasi bohong atau hoaks yang diunggah oleh akun bernama Arief Wicaksono di facebook.

Dalam surat maklumat berkop Pondok Pesentaren Lirboyo, Kediri yang dishare akun tersebut, tertulis di poin ketiga instruksi dari Pengasuh Ponpes dan Ketua Umum PP Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) kepada seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Surat tersebut, dibantah oleh Ketum PP HIMASAL, KH Abdullah Kafabihi Mahrus yang menyebut surat maklumat yang diunggah tersebut palsu, yang isinya telah diedit tidak sesuai isi sebanarnya.

“Yang diunggah oleh akun tersebut maklumat palsu. Biarkan saja nanti akan ketahuan sendiri,” kata ulama yang juga Rais Syuriah PBNU ini pada wartawan, Kamis (14/3).

Ponpes Lirboyo Instruksikan Santri dan Alumni Pilih Jokowi-KH Ma’ruf

Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (foto:istimewa)

Maklumat asli dari Ponpes Lirboyo yang didapat SERUJI, isinya justru merupakan instruksi kepada alumni dan santri untuk memilik pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dalam Maklumat asli yang ditandatangani Pengasuh Ponpes Lirboyo, KH M Anwar Manshur dan Ketua Umum HIMASAL, KH Abdullah Kafabih Mahrus tersebut, terdapat tiga poin instruksi bagi para santri dan alumni Ponpes Lirboyo.

Pertama menginstruksikan para santri dan alumni Lirboyo menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Kedua, menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab.

Dan di poin ketiga, menginstruksikan seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Berikut Surat Maklumat Asli Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi-KH Ma’ruf;

Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi
Surat Maklumat asli dari Masyayikh Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 01, Jokowi-KH Ma;ruf.

Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo Telah Minta Maaf

Arief Wicaksono (tengah memegang surat pernyataan minta maaf) penyebar hoaks maklumat ponpes Lirboyo saat memintaa maaf ke Lirboyo, Kediri atas kesalahannya, Rabu (13/3/2019). (foto:Lirboyo)

Sementara itu, Arief Wicaksono, penyebar maklumat palsu telah menyatakan penyesalannya atas tindakan menyebarkan hoaks di media sosial.

Arief telah datang ke Ponpes Lirboyo, Kediri pada Rabu (13/3) menemui Dzurriyah Keluarga Besar Lirboyo untuk meminta maaf dan mengklarifikasi beredarnya muklumat yang telah dipalsukan tersebut.

“Saya menyesal dan memohon maaf kepada seluruh keluarga besar dan alumni Pondok Pesantren Lirboyokarena telah dengan sengaja menyebar luaskan Maklumat Masyayikh yang telah dipalsukan,” bunyi poin pertama surat pernyataan permohonan maaf yang ditandatangan Arief pada 13 Maret 2019 diatas materai.

Arief juga berjanji akan menyebarluaskan permohonan maafnya tersebut di seluruh akun media sosial yang ia miliki.

“Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Saya siap mengikuti dan proaktif atas segala proses hukum apabila ditemukan bukti baru,” janji Arief.

Berikut Surat Pernyataan Permohonan Maaf Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo;

Surat permintaan maaf Arief Wiaksono pada Ponpes dan Alumni Lirboyo.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Membangun Kembali Budaya Bahari

Penjajah meninggalkan perangkat pelanggengan penjajahan melalui persekolahan. Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Indonesia Darurat Keadilan