Beredar Hoaks Ponpes Lirboyo Dukung Prabowo, Inilah Maklumat Sebenarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Warganet di media sosial sejak Rabu (13/2) dihebohkan dengan sebuah surat maklumat dengan informasi bohong atau hoaks yang diunggah oleh akun bernama Arief Wicaksono di facebook.

Dalam surat maklumat berkop Pondok Pesentaren Lirboyo, Kediri yang dishare akun tersebut, tertulis di poin ketiga instruksi dari Pengasuh Ponpes dan Ketua Umum PP Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) kepada seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Surat tersebut, dibantah oleh Ketum PP HIMASAL, KH Abdullah Kafabihi Mahrus yang menyebut surat maklumat yang diunggah tersebut palsu, yang isinya telah diedit tidak sesuai isi sebanarnya.

“Yang diunggah oleh akun tersebut maklumat palsu. Biarkan saja nanti akan ketahuan sendiri,” kata ulama yang juga Rais Syuriah PBNU ini pada wartawan, Kamis (14/3).

Ponpes Lirboyo Instruksikan Santri dan Alumni Pilih Jokowi-KH Ma’ruf

Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (foto:istimewa)

Maklumat asli dari Ponpes Lirboyo yang didapat SERUJI, isinya justru merupakan instruksi kepada alumni dan santri untuk memilik pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dalam Maklumat asli yang ditandatangani Pengasuh Ponpes Lirboyo, KH M Anwar Manshur dan Ketua Umum HIMASAL, KH Abdullah Kafabih Mahrus tersebut, terdapat tiga poin instruksi bagi para santri dan alumni Ponpes Lirboyo.

Pertama menginstruksikan para santri dan alumni Lirboyo menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Kedua, menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab.

Dan di poin ketiga, menginstruksikan seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Berikut Surat Maklumat Asli Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi-KH Ma’ruf;

Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi
Surat Maklumat asli dari Masyayikh Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 01, Jokowi-KH Ma;ruf.

Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo Telah Minta Maaf

Arief Wicaksono (tengah memegang surat pernyataan minta maaf) penyebar hoaks maklumat ponpes Lirboyo saat memintaa maaf ke Lirboyo, Kediri atas kesalahannya, Rabu (13/3/2019). (foto:Lirboyo)

Sementara itu, Arief Wicaksono, penyebar maklumat palsu telah menyatakan penyesalannya atas tindakan menyebarkan hoaks di media sosial.

Arief telah datang ke Ponpes Lirboyo, Kediri pada Rabu (13/3) menemui Dzurriyah Keluarga Besar Lirboyo untuk meminta maaf dan mengklarifikasi beredarnya muklumat yang telah dipalsukan tersebut.

“Saya menyesal dan memohon maaf kepada seluruh keluarga besar dan alumni Pondok Pesantren Lirboyokarena telah dengan sengaja menyebar luaskan Maklumat Masyayikh yang telah dipalsukan,” bunyi poin pertama surat pernyataan permohonan maaf yang ditandatangan Arief pada 13 Maret 2019 diatas materai.

Arief juga berjanji akan menyebarluaskan permohonan maafnya tersebut di seluruh akun media sosial yang ia miliki.

“Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Saya siap mengikuti dan proaktif atas segala proses hukum apabila ditemukan bukti baru,” janji Arief.

Berikut Surat Pernyataan Permohonan Maaf Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo;

Surat permintaan maaf Arief Wiaksono pada Ponpes dan Alumni Lirboyo.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terima Kasih Ahok!

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cara Sederhana Membuat Minyak Alpukat

Coba ganti minyak goreng dengan minyak alpukat, yang bisa anda buat sendiri.