Beredar Hoaks Ponpes Lirboyo Dukung Prabowo, Inilah Maklumat Sebenarnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Warganet di media sosial sejak Rabu (13/2) dihebohkan dengan sebuah surat maklumat dengan informasi bohong atau hoaks yang diunggah oleh akun bernama Arief Wicaksono di facebook.

Dalam surat maklumat berkop Pondok Pesentaren Lirboyo, Kediri yang dishare akun tersebut, tertulis di poin ketiga instruksi dari Pengasuh Ponpes dan Ketua Umum PP Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) kepada seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga.

Surat tersebut, dibantah oleh Ketum PP HIMASAL, KH Abdullah Kafabihi Mahrus yang menyebut surat maklumat yang diunggah tersebut palsu, yang isinya telah diedit tidak sesuai isi sebanarnya.

“Yang diunggah oleh akun tersebut maklumat palsu. Biarkan saja nanti akan ketahuan sendiri,” kata ulama yang juga Rais Syuriah PBNU ini pada wartawan, Kamis (14/3).

Ponpes Lirboyo Instruksikan Santri dan Alumni Pilih Jokowi-KH Ma’ruf

Pondok Pesantren
Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur. (foto:istimewa)

Maklumat asli dari Ponpes Lirboyo yang didapat SERUJI, isinya justru merupakan instruksi kepada alumni dan santri untuk memilik pasangan nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Dalam Maklumat asli yang ditandatangani Pengasuh Ponpes Lirboyo, KH M Anwar Manshur dan Ketua Umum HIMASAL, KH Abdullah Kafabih Mahrus tersebut, terdapat tiga poin instruksi bagi para santri dan alumni Ponpes Lirboyo.

Pertama menginstruksikan para santri dan alumni Lirboyo menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Kedua, menciptakan pemilu yang aman, damai dan beradab.

Dan di poin ketiga, menginstruksikan seluruh santri dan alumni Ponpes Lirboyo untuk memilih pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Berikut Surat Maklumat Asli Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi-KH Ma’ruf;

Ponpes Lirboyo Dukung Jokowi
Surat Maklumat asli dari Masyayikh Ponpes Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 01, Jokowi-KH Ma;ruf.

Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo Telah Minta Maaf

Arief Wicaksono (tengah memegang surat pernyataan minta maaf) penyebar hoaks maklumat ponpes Lirboyo saat memintaa maaf ke Lirboyo, Kediri atas kesalahannya, Rabu (13/3/2019). (foto:Lirboyo)

Sementara itu, Arief Wicaksono, penyebar maklumat palsu telah menyatakan penyesalannya atas tindakan menyebarkan hoaks di media sosial.

Arief telah datang ke Ponpes Lirboyo, Kediri pada Rabu (13/3) menemui Dzurriyah Keluarga Besar Lirboyo untuk meminta maaf dan mengklarifikasi beredarnya muklumat yang telah dipalsukan tersebut.

“Saya menyesal dan memohon maaf kepada seluruh keluarga besar dan alumni Pondok Pesantren Lirboyokarena telah dengan sengaja menyebar luaskan Maklumat Masyayikh yang telah dipalsukan,” bunyi poin pertama surat pernyataan permohonan maaf yang ditandatangan Arief pada 13 Maret 2019 diatas materai.

Arief juga berjanji akan menyebarluaskan permohonan maafnya tersebut di seluruh akun media sosial yang ia miliki.

“Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Saya siap mengikuti dan proaktif atas segala proses hukum apabila ditemukan bukti baru,” janji Arief.

Berikut Surat Pernyataan Permohonan Maaf Penyebar Hoaks Maklumat Ponpes Lirboyo;

Surat permintaan maaf Arief Wiaksono pada Ponpes dan Alumni Lirboyo.

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER