Beda dari Jokowi Yang Andalkan BUMN, Sandi Akan Serahkan Pembangunan Tol ke Swasta


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon wakil Presiden (cawapres) Sandiaga Uno menegaskan, jika nanti memerintah, akan melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol tanpa menggunakan utang. Cara yang akan dilakukan Sandi adalah dengan menggandeng pihak swasta jadi investor pembangunan tol.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Suhendra Ratu Prawiranegara menjelaskan bahwa skema tersebut mendapat jaminan dari UU 38/2004 tentang Jalan, dan Peraturan Pemerintah 15/2005 tentang Jalan Tol.

“Selama ini juga swasta sudah dilibatkan, hanya sayang kemudian pada era Jokowi ini, seolah-olah peran BUMN lah yang sangat menonjol dalam pembangunan jalan tol,” jelas Suhendra lewat keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/1).

Menurut Suhendra, penugasan BUMN membangun jalan tol tersebut akhirnya menjadi beban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pasalnya, mekanisme yang digunakan untuk kebutuhan pendanaan proyek adalah men Penyertaan Modal Negara (PMN) lewat APBN.

“Mana mungkin jika menggunakan mekanisme pendanaan PMN tidak membebani keuangan negara? Karena sudah tentu dana triliunan APBN dikucurkan kepada BUMN-BUMN tersebut,” ujarnya.

Kucuran PMN yang membebani APBN tersebut dinilai yang kemudian menyebabkan pemerintah melakukan utang untuk pembangunan tol.

Sementara Sandi, kata Suhendra, tidak akan menggunakan anggaran seperti mekanisme PMN tersebut. Namun, melibatkan pihak swasta sebagai investor dan bekerjasama dengan  pemerintah dalam pembangunan jalan tol.

Dengan begitu, imbuhnya , APBN tidak akan dikucurkan untuk pembangunan jalan tol. APBN akan dialihkan untuk membangun infrastruktur jalan lain seperti jalan nasional dan jalan daerah yang masih rusak.

“Hal ini antara lain yang dimaksud oleh Bang Sandi. Tidak mengobral anggaran negara dalam membangun infrastruktur,” tukasnya. (ARif R)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close