Beda dari Jokowi Yang Andalkan BUMN, Sandi Akan Serahkan Pembangunan Tol ke Swasta

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Calon wakil Presiden (cawapres) Sandiaga Uno menegaskan, jika nanti memerintah, akan melakukan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol tanpa menggunakan utang. Cara yang akan dilakukan Sandi adalah dengan menggandeng pihak swasta jadi investor pembangunan tol.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Suhendra Ratu Prawiranegara menjelaskan bahwa skema tersebut mendapat jaminan dari UU 38/2004 tentang Jalan, dan Peraturan Pemerintah 15/2005 tentang Jalan Tol.

“Selama ini juga swasta sudah dilibatkan, hanya sayang kemudian pada era Jokowi ini, seolah-olah peran BUMN lah yang sangat menonjol dalam pembangunan jalan tol,” jelas Suhendra lewat keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/1).

Menurut Suhendra, penugasan BUMN membangun jalan tol tersebut akhirnya menjadi beban Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Pasalnya, mekanisme yang digunakan untuk kebutuhan pendanaan proyek adalah men Penyertaan Modal Negara (PMN) lewat APBN.

“Mana mungkin jika menggunakan mekanisme pendanaan PMN tidak membebani keuangan negara? Karena sudah tentu dana triliunan APBN dikucurkan kepada BUMN-BUMN tersebut,” ujarnya.

Kucuran PMN yang membebani APBN tersebut dinilai yang kemudian menyebabkan pemerintah melakukan utang untuk pembangunan tol.

Sementara Sandi, kata Suhendra, tidak akan menggunakan anggaran seperti mekanisme PMN tersebut. Namun, melibatkan pihak swasta sebagai investor dan bekerjasama dengan  pemerintah dalam pembangunan jalan tol.

Dengan begitu, imbuhnya , APBN tidak akan dikucurkan untuk pembangunan jalan tol. APBN akan dialihkan untuk membangun infrastruktur jalan lain seperti jalan nasional dan jalan daerah yang masih rusak.

“Hal ini antara lain yang dimaksud oleh Bang Sandi. Tidak mengobral anggaran negara dalam membangun infrastruktur,” tukasnya. (ARif R)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER