ACT Bantu 2.000 Ton Beras untuk Pengungsi Muslim Rohingya

BOJONEGORO – Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan bantuan 2.000 ton beras untuk pengungsi Muslim Rohingya di perbatasan Bangladesh-Myanmar. Bantuan tersebut akan dikirim melalui kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,

Perwakilan ACT di Bojonegoro Gholib M. K, di Bojonegoro, Selasa (19/9), menjelaskan keberangkatan bantuan 2.000 ton beras itu akan dilepas Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa dengan didampingi Presiden ACT Ahyudin dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pekan depan.

“Sejak sehari lalu beras bantuan untuk pengungsi Rohingya dalam proses dinaikkan keatas 80 truk kontainer dari gudang Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) milik ACT di Cepu, Jawa Tengah,” kata dia menjelaskan.

Sesuai rencana, kata dia, sebanyak 80 truk kontainer yang mengangkut beras itu akan diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, melewati Bojonegoro. Beras bantuan itu akan diberangkatkan Bupati Blora Djoko Nugroho dengan didampingi Presiden ACT Ahyudin.

“Keberangkatan beras rencananya pagi ini dari Cepu, Jawa Tengah, pukul 10.00 WIB. Kami jajaran ACT di Bojonegoro akan ikut membantu perjalanan truk agar lancar,” kata dia didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro MZ. Budi Mulyono.

Jajaran ACT menyiapkan penyambutan iring-iringan truk kontainer pembawa beras di Bundaran Jetak, Kelurahan Jetak, di masuk kota, di Bundaran Adipura, dan di Masjid Babushofa di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota.

Lebih lanjut ia menjelaskan bantuan 2.000 ton beras itu akan didistribusikan di lokasi pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh-Myanmar.

Selain beras ACT juga akan membangun 1.000 barak (selter) untuk pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh-Myanmar. Barak yang dibangun itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai masjid, kamar mandi, sumur, puskesmas dan tempat bermain anak.

“Perjalanan kapal laut dari Surabaya sampai perbatasan Bangladesh-Myanmar cukup lama bisa lebih dua pekan,” ucapnya menambahkan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono menambahkan ACT juga akan membantu pengadaan air bersih bagi warga yang kesulitan air bersih di daerahnya disebabkan kemarau.

“ACT menjanjikan akan ikut mendistribusikan air bersih bagi warga yang kesulitan air bersih pekan ini. Kebiasaan selama ini di musim kemarau ACT ikut membantu sekitar 30 tangki (5.000 liter per tangki),” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER