Pedagang Diwajibkan Cantumkan Jenis Beras Pada Kemasan

BANTUL – Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai pertengahan September 2017 mewajibkan pedagang beras di daerah ini mencantumkan jenis berasnya pada kemasan bahan pangan tersebut.

“Mulai pertengahan September ini pelaku usaha wajib mencantumkan jenis berasnya di setiap kemasan, apakah itu beras medium atau premium,” kata Kabid Sarana Prasarana dan Distribusi, Dinas Perdagangan Bantul Yuswarseno di Bantul, Senin (18/9).

Menurut dia, pencantuman jenis beras pada kemasan itu menyusul berlaku efektifnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang ditandatangi pada 24 Agustus 2017.

Ia menjelaskan, dalam Permendag yang sebenarnya berlaku efektif sejak 1 September 2017, namun ada toleransi sampai pertengahan September itu ditetapkan HET beras di wilayah DIY yaitu beras medium Rp9.450 per kg dan beras premium Rp12.800 per kg.

“Selain jenis beras medium atau premium juga mencantumkan HET-nya, itu bersifat wajib, sehingga konsumen tidak bingung memilih jenis tersebut. Ketentuan ini sudah kami sosialisasikan ke toko modern, pelaku usaha dan pedagang,” katanya.

Ia mengatakan, setelah diberikan toleransi waktu hingga pertengahan September ini dalam penerapan HET beras, dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang tergabung dengan Kepolisian Daerah (Polda) DIY dan instansi terkait akan melakukan pengawasan.

“Pelaku usaha dalam melakukan penjualan beras eceran kepada konsumen wajib mengikuti ketentuan HET, jika kedapatan menjual beras lebihi HET dikenai sanksi pencabutan ijin usaha setelah sebelumnya diberi peringatan tertulis dua kali,” katanya.

Menurut dia, dengan diterbitkannya Permendag tentang Penetapan HET beras tersebut, secara otomatis Permendag Nomor 27 Tahun 2017 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen dinyatakan dicabut dan tidak berlaku.

“Tujuan dari Permendag Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan HET Beras adalah untuk menjaga stabilitas dan kepastian harga beras, sehingga harga beras yang terjangkau. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER