Pedagang Diwajibkan Cantumkan Jenis Beras Pada Kemasan

0
29
Berbagai kemasan beras. (ilustrasi)

BANTUL – Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai pertengahan September 2017 mewajibkan pedagang beras di daerah ini mencantumkan jenis berasnya pada kemasan bahan pangan tersebut.

“Mulai pertengahan September ini pelaku usaha wajib mencantumkan jenis berasnya di setiap kemasan, apakah itu beras medium atau premium,” kata Kabid Sarana Prasarana dan Distribusi, Dinas Perdagangan Bantul Yuswarseno di Bantul, Senin (18/9).

Menurut dia, pencantuman jenis beras pada kemasan itu menyusul berlaku efektifnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras yang ditandatangi pada 24 Agustus 2017.

Ia menjelaskan, dalam Permendag yang sebenarnya berlaku efektif sejak 1 September 2017, namun ada toleransi sampai pertengahan September itu ditetapkan HET beras di wilayah DIY yaitu beras medium Rp9.450 per kg dan beras premium Rp12.800 per kg.

“Selain jenis beras medium atau premium juga mencantumkan HET-nya, itu bersifat wajib, sehingga konsumen tidak bingung memilih jenis tersebut. Ketentuan ini sudah kami sosialisasikan ke toko modern, pelaku usaha dan pedagang,” katanya.

Ia mengatakan, setelah diberikan toleransi waktu hingga pertengahan September ini dalam penerapan HET beras, dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang tergabung dengan Kepolisian Daerah (Polda) DIY dan instansi terkait akan melakukan pengawasan.

“Pelaku usaha dalam melakukan penjualan beras eceran kepada konsumen wajib mengikuti ketentuan HET, jika kedapatan menjual beras lebihi HET dikenai sanksi pencabutan ijin usaha setelah sebelumnya diberi peringatan tertulis dua kali,” katanya.

Menurut dia, dengan diterbitkannya Permendag tentang Penetapan HET beras tersebut, secara otomatis Permendag Nomor 27 Tahun 2017 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen dinyatakan dicabut dan tidak berlaku.

“Tujuan dari Permendag Nomor 57 Tahun 2017 tentang Penetapan HET Beras adalah untuk menjaga stabilitas dan kepastian harga beras, sehingga harga beras yang terjangkau. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Peresmian Kantor Induk PJR Serang

Kantor Induk Polisi Jalan Raya Serang Resmi Beroperasi

SERANG, SERUJI.CO.ID - PT Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak selaku pengelola jalan tol Tangerang-Merak bersama Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meresmikan beroperasinya Kantor Induk Patroli...
Khofifah-Emil

Resmi Usung Khofifah-Emil, Golkar Ancam Beri Sanksi Kadernya yang Tak Dukung

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPP Partai Golkar mengancam akan mengambil sikap tegas kepada kader partai Golkar yang tidak menjalankan putusan Partai Golkar yang telah memberikan...
Gus Ipul (kiri) dan Khofifah (kanan)

Survei: Jika Pilgub Jatim Dilakukan Hari ini, Siapakah Yang Anda Pilih?

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur akan berlangsung pada tahun 2018. Dan saat ini sudah ada dua pasang calon yang secara resmi...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...