Legislator: Keberadaan Pasar Tradisional Terancam Tersisih

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Umi Mastikah mengatakan bahwa kondisi pasar tradisional saat ini terancam tersisih dengan perkembangan pasar modern.

“Saat ini keberadaan pasar tradisional semakin tergerus dengan pasar moderen. Kalau tidak segera dilakukan pembenahan secara menyeluruh maka keberadaan tradisional akan ditinggalkan,” katanya di Palangka Raya, Rabu (20/9).

Wakil rakyat fraksi PAN-Demokrat ini pun meminta pemerintah kota meningkatkan kualitas pengelolaan pasar tradisional dari berbagai aspek.

Terlebih lagi, lanjut dia, keberadaan pasar tradisional selama ini juga telah menjadi budaya dan wadah berinteraksi interaksi sosial saat proses jual beli.

Saat ini keberadaan pasar tradisional masih identik dengan kesan kumuh dan kurang tertata termasuk buruknya saluran pembuangan limbah yang menimbulkan aroma tidak sedap.

Dengan keadaan ini, jika pemerintah tidak mampu menciptakan pasar tradisional sebagai pusat perbelanjaan yang nyaman dan higineis bukan tidak mungkin masyarakat secara perlahan akan beralih berbelanja ke pasar modern.

Untuk itu, keberadaan pasar tradisional harus mampu diubah semakin bersih, higienis, nyaman.

“Pasar yang bersih merupakan idaman seluruh masyarakat dan sebagai salah satu upaya untuk tetap mempertahankan pasar tradisional sebagai wadah transaksi dan silaturrahmi antar warga,” katanya.

Untuk itu, kualitas SDM pengelola, penataan pasar hingga peningkatan daya saing produk dan pedagang harus ditingkatkan sehingga pasar tradisional ini tetap mampu bersaing dengan keberadaan pasar modern. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER