Inflasi Pekan Kedua Oktober Sebesar 0,08 Persen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Laju inflasi bulanan menurut Bank Indonesia hingga pekan kedua Oktober 2017 sebesar 0,08 persen (month to month/mtm) dan secara tahunan bergerak di sekitar 3,6 persen (year on year/yoy).

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di Jakarta, Jumat, mengatakan gambaran laju inflasi hingga pertengahan Oktober 2016, semakin memperkuat kecenderungan inflasi akhir tahun akan berada di batas bawah sasaran inflasi Bank Sentral yang sebesar empat persen plus minus satu persen.

Perkiraan terakhir untuk inflasi akhir tahun 2017 yang diungkapkan Mirza adalah akan menyentuh di 3,7-3,8 persen (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dari inflasi 2016 yang sebesar 3,02 persen (yoy).

“Kenapa BI punya ruang penurunan suku bunga itu karena kami yakin inflasi terkontrol bisa di bawah empat persen, menuju ke arah 3,8-3,7 persen,” ujar dia.

Inflasi dan kinerja neraca transaksi berjalan merupakan dua indikator stabilitas perekonomian yang menjadi acuan BI dalam menentukan arah kebijakan moneter.

Saat ini suku bunga kebijakan BI “7-Day Reverse Repo Rate” sebesar 4,25 persen setelah dua kali penurunan sebesar 50 basis poin pada Agustus dan September 2017.

Mirza juga mengatakan penurunan suku bunga kebijakan saat ini “sudah memadai” dengan kondisi perekonomian saat ini.

“Sebenarnya kita sudah mengatakan penurunan bunga sudah memadai,” ujar dia.

“Karena suku bunga sekarang sebenarnya levelnya sudah lebih rendah daripada sebelum Mei 2013,” tambahnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER