Profit Tinggi, BCA Raih Penghargaan Bank Terbaik di Asia

JAKARTA – Pada tahun ini Bank Central Asia (BCA) kembali meraih penghargaan sebagai bank terbaik di Asia untuk kedua kalinya dalam ajang Country Awards For Achievement 2017 yang diselenggarakan media keuangan FinanceAsia. Penghargaan tersebut menjadikan BCA paling unggul di antara 17 pemenang lainnya dalam ajang tersebut.

Mengutip FinanceAsia Kamis yang lalu (29/6), BCA dinilai memiliki model bisnis yang efektif yaitu dengan menyerap lebih banyak dana murah (tabungan dan giro) dari nasabah dan menyalurkannya untuk kredit-kredit di sektor-sektor yang memiliki imbal hasil (yield) tinggi. Alhasil, perusahaan bertumbuh dengan stabil dan bisa meningkatkan pembayaran dividen kepada pemegang saham dalam sepuluh tahun terakhir.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menerima langsung penghargaan tersebut dalam seremonial yang digelar di Hotel Four Seasons, Hong Kong, Kamis (29/6) malam. Jahja menerima penghargaan itu di depan sekitar 200-an bankir dari kawasan Asia.

“Penyelesaian transaksi pembayaran (payment settlement) sangat penting bagi bisnis, seperti darah dalam tubuh kita. Itu mengalir dan membantu bisnis,” kata Jahja seperti dikutip dari FinanceAsia.

Dalam menentukan bank terbaik di Asia, tim penilai dari FinanceAsia membandingkan seluruh pemenang dari 16 regional dengan beragam metrik. BCA memenangkan kompetisi dengan nilai profitabilitas tertinggi di semua metrik, termasuk keuntungan operasional terhadap rata-rata aset, margin bunga bersih, dan pengembalian dari rata-rata aset.

“Margin bunga bersih BCA mencapai lebih dari enam persen, dua kali lipat dari rata-rata semua bank terbaik (di kawasan),” jelas Pantitia dalam keterangan tertulis.

BCA juga dinilai layak mendapat penghargaan sebagai bank terbaik di Asia dikarenakan terus mengikuti tren teknologi. Sebelumnya, BCA telah meluncurkan perusahaan modal ventura bernama Central Capital Ventura untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan perintis (startup) di bidang teknologi finansial (financial technology/fintech). Ke depan, startup yang dimodali Central Capital Ventura diharapkan bisa mendukung bisnis BCA. (Jarot/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Politisi Kampungan

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.