Prioritaskan Good Governance, BPJS Kesehatan Perkuat Sinergi Dengan BPK RI

0
138
Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris pada acara Sosialisasi Akuntabilitas Pemanfaatan Dana Kapitasi di Puskesmas bersama BPK RI, Jumat (17/11/2017). (foto:Mica/SERUJI)

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Penerapan prinsip good governance menjadi salah satu kunci penting bagi keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ada banyak pihak yang mengawasi pelaksanaan program ini, salah satunya adalah Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Ke depannya kami berharap, semua pihak dapat bersama-sama mengawal dan mengawasi program JKN-KIS ini,” kata Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris pada acara Sosialisasi Akuntabilitas Pemanfaatan Dana Kapitasi di Puskesmas bersama BPK RI di Medan, Jumat (17/11).

Fachmi Idris menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan hambatan yang terjadi di lapangan, sehingga dapat didiskusikan bersama solusi atas permasalahan tersebut, guna memonitor dan mengevaluasi pemanfaatan dana kapitasi di FKTP.

Loading...

“Juga terkait dengan pelaksanaan Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) di FKTP yang sudah berjalan di 2017. KBK bagian dari pengembangan sistem mutu pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan kesehatan di FKTP,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, hingga 31 Oktober 2017, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 1.163 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 577 Puskesmas, 465 Klinik, 108 Dokter Praktik Perorangan (DPP).

Sementara untuk total pemanfaatan di FKTP se-Sumatera Utara, sampai dengan Oktober 2017, terdiri dari 3.002.317 kunjungan ke puskesmas, 2.350.000 kunjungan ke klinik pratama, dan 200.311 kunjungan ke Dokter Praktik Perorangan dengan total biaya kapitasi yang telah dibayarkan oleh BPJS Kesehatan mencapai Rp 500 Miliar. (Mica/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU