Pemkot Dumai Dukung Nobar Film Penumpasan Pengkianatan G30S/PKI

DUMAI – Wali Kota Dumai Zulkifli AS sangat mendukung rencana TNI menggelar nonton bareng film “Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI” karena baik untuk generasi muda mengetahui sejarah kelam masa lalu dan jadi pembelajaran.

Untuk rencana pemutaran film tersebut, TNI Angkatan Darat Komando Distrik Militer 0320 Dumai sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dan kini masih dalam proses penetapan jadwal dan tempat.

“Kita dukung rencana pemutaran film ini karena penting untuk pengetahuan sejarah bagi semua dan terutama generasi muda,” kata wali kota kepada wartawan usai memimpin upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional Pemkot Dumai, Selasa (19/9).

Disebutkan, pemerintah siap mendukung kegiatan nobar ini dengan memberikan fasilitas lokasi pemutaran film “Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI” ini berdasarkan koordinasi dengan Kodim 0320 Dumai.

Sementara, Ketua Harian Lembaga Adat Melayu Riau Dumai Zainal Effendi juga menyambut positif perintah Panglima TNI agar tentara di semua daerah menggelar nonton bareng film diproduksi pada zaman orde baru itu karena dapat mengingatkan kembali sejarah kelam bangsa atas pengkhianatan gerakan komunis tersebut.

“Sangat bagus dan kita mendukung pemutaran film ini untuk membangkitkan rasa patriotisme anak muda dan kewaspadaan bahaya komunisme,” kata Zainal.

Diberitakan sebelumnya, TNI Angkatan Darat Kodim 0320 Dumai berencana memutar film penumpasan G30S/PKI dengan menggelar nonton bareng atau “nobar”, namun kini masih tahap koordinasi bersama pemerintah daerah.

Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian mengatakan rencana pemutaran dan nonton bareng film diproduksi tahun 1984 tersebut sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Ada rencana, dan nanti akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah,” kata Dandim Rendra kepada wartawan, Senin (18/9).

Disebutkan, penayangan film G30S/PKI disutradai Arifin C Noer ini belum dapat dipastikan waktunya, namun lokasi diusulkan dua tempat, yaitu gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung dan halaman kantor bersama Pemkot Dumai di Jalan HR Subrantas.

Film pada zaman orde baru kerap ditayangkan setiap 30 September atau bertepatan momen Hari Kesaktian Pancasila ini segera akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

“Jadwalnya belum bisa dibeberkan karena masih dikoordinasikan dengan pemerintah,” sebutnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.