Pemkab Solok Selatan Tetapkan Masa Tanggap Darurat Banjir

0
Tanggap darurat banjir
Tanggap darurat banjir (ilustrasi)

PADANG – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari terkait banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah pada Kamis malam (14/9).

“Masa tanggap darurat dimulai pada hari ini. Kami kini tengah menyiapkan administrasinya,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Rusdi Harmen saat dihubungi di Padang Aro, Jumat (15/9).

Ia menyebutkan warga yang terdampak banjir sebanyak 571 jiwa dari 190 Kepala Keluarga di empat jorong Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, membutuhkan bantuan pangan dan sandang karena rumah mereka terendam banjir hingga satu meter.

“Bantuan makanan sudah kami beri pada pagi dan siang ini. Sore nanti kami akan mendirikan dapur umum di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh,” ujarnya.

Ia menyebutkan pemerintah setempat telah mengajukan bantuan beras ke Bulog Padang dan kini telah dikirim sebanyak 1,2 ton beras.

Pemerintah setempat melalui PDAM setempat juga telah menyalurkan air bersih bagi korban banjir bandang di Jorong Bancah Anak Lolo, Lolo Atas, Batu Kulambai, dan Batang Lolo.

“Air bersih sudah disalurkan oleh PDAM dan posko kesehatan telah didirikan di lokasi banjir,” ujarnya.

Masyarakat yang terdampak banjir yang terjadi sekitar pukul 21.00 WIB ini mengungsi ke rumah tetangga dan keluarganya yang tidak terdampak banjir.

Banjir bandang yang melanda daerah itu merusak sejumlah infrastruktur, sawah, juga merusak jaringan PDAM juga rusak serta ruma penduduk.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, rumah warga yang terdampak banjir sebanyak 138 unit dengan rumah berat 42 rumah, rusak sedang enam rumah dan rusak ringan 90 rumah.

Pemerintah setempat telah mengerahkan petugas untuk membantu warga membersihkan rumah yang terendam lumpur. Jajaran Kementerian Sosial kini juga dalam perjalanan menuju Solok Selatan untuk meninjau korban banjir. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Sri Mulyani

Menkeu: Jangan-jangan Anggaran Tak Dinikmati Masyarakat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Angka kemiskinan tercatat masih di angka 10,9 persen. Padahal, pemerintah telah menggelontorkan dana cukup besar untuk menanggulangi kemiskinan. Menteri Keuangan Sri...

3 Putra Mahkota Menunggu Nasib, Dibalik Isu Dahlan Jual Sahamnya di Jawa Pos

SERUJI.CO.ID - Maraknya kabar Dahlan Iskan menjual sahamnya di Jawa Pos kepada taipan property, Ciputra, tak lepas dari “perang strategi” menentukan siapa “putra mahkota” berikutnya yang akan...

Wartawan Dalam Lingkaran Elite Kekuasaan

SERUJI.CO.ID - Peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami oleh Ketua DPR Setya Novanto saat menumpang kendaraan Hilman Mattauch, seorang wartawan sebuah stasiun televisi, bisa menjadi salah...

Politisi Golkar Bantah Pelipis Novanto Benjol Sebesar Bakpao

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin membantah bahwa Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto mengalami luka memar dan benjol sebesar bakpao...
Kursi DPR

“Tupai Berkuasa” Jatuh Juga

SERUJI.CO.ID - Para pelajar sekolah rakyat ataupun sekolah dasar pada puluhan lalu diajari sebuah peribahasa atau perumpamaan yang kalimat kurang lebih menyatakan "sehebat-hebatnya tupai...
Pembebasan sandera dan evakuasi warga dari kelompok separatis Papua

Aparat Kawal Ketat Proses Evakuasi Warga ke Timika

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 344 warga yang dievakuasi dari perkampungan di Distrik Tembagapura, dikawal hingga tiba dengan selamat di Timika, Ibu Kota Kabupaten Mimika, Provinsi...