Mikul Dhuwur Mendhem Jero

Pemkab Solok Selatan Tetapkan Masa Tanggap Darurat Banjir

0
21

PADANG – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari terkait banjir bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah pada Kamis malam (14/9).

“Masa tanggap darurat dimulai pada hari ini. Kami kini tengah menyiapkan administrasinya,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Rusdi Harmen saat dihubungi di Padang Aro, Jumat (15/9).

Ia menyebutkan warga yang terdampak banjir sebanyak 571 jiwa dari 190 Kepala Keluarga di empat jorong Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, membutuhkan bantuan pangan dan sandang karena rumah mereka terendam banjir hingga satu meter.

“Bantuan makanan sudah kami beri pada pagi dan siang ini. Sore nanti kami akan mendirikan dapur umum di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh,” ujarnya.

Ia menyebutkan pemerintah setempat telah mengajukan bantuan beras ke Bulog Padang dan kini telah dikirim sebanyak 1,2 ton beras.

Pemerintah setempat melalui PDAM setempat juga telah menyalurkan air bersih bagi korban banjir bandang di Jorong Bancah Anak Lolo, Lolo Atas, Batu Kulambai, dan Batang Lolo.

“Air bersih sudah disalurkan oleh PDAM dan posko kesehatan telah didirikan di lokasi banjir,” ujarnya.

Masyarakat yang terdampak banjir yang terjadi sekitar pukul 21.00 WIB ini mengungsi ke rumah tetangga dan keluarganya yang tidak terdampak banjir.

Banjir bandang yang melanda daerah itu merusak sejumlah infrastruktur, sawah, juga merusak jaringan PDAM juga rusak serta ruma penduduk.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, rumah warga yang terdampak banjir sebanyak 138 unit dengan rumah berat 42 rumah, rusak sedang enam rumah dan rusak ringan 90 rumah.

Pemerintah setempat telah mengerahkan petugas untuk membantu warga membersihkan rumah yang terendam lumpur. Jajaran Kementerian Sosial kini juga dalam perjalanan menuju Solok Selatan untuk meninjau korban banjir. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Jazuli Juwaini

Politisi PKS: Ulama dan Umat Islam Adalah Penjaga Pancasila dan NKRI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa ulama dan umat Islam selama ini telah berperan penting...

Risma Target 700 Tanah Pemkot Tersertifikasi Tahun Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menarget sertifikasi 700 tanah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tahun 2017. Dari jumlah itu, 230 sertifikat...
gunung agung

82 Angkot Gratis Siaga Antar Siswa Pengungsi Gunung Agung

KLUNGKUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 82 unit angkutan kota (angkot) yang beroperasi mengantar jemput siswa dan para pengungsi Gunung Agung secara gratis akan disiagakan Pemerintah...
Nobar G30S/PKI

DPW PAN Jatim Gelar Nobar Film G30S/PKI

SURABAYA - DPW PAN Jatim akan menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang dijadwalkan akan digelar di kantot DPW PAN Jatim, pada tanggal 29...

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA

Dr. Ahmad Sofian, SH, MA, pakar hukum pidana yang terlahir di Medan, 29 September 1971 ini merupakan seorang pakar hukum yang mempunyai rasa kemanusiaan...

Soal Tanah, Ratusan Massa ‘Gruduk’ Kantor BPN Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ratusan massa yang tergabung dalam elemen Gerakan Rakyat Untuk Daulat Agraria (GARUDA) geruduk kantor BPN Jawa Timur di Jalan Gayungsari,...