close

Harganas XXV, BKKBN Aceh Adakan Credas Cermat dan Gelar Dagang Keluarga

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provisin Aceh mengadakan kegaiatan Cerdas Cermat Keluarga dan Gelar Dagang Keluarga.

Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Langsa, Aceh, pada Sabtu (1/9).

Panita pelaksana Safrina Salim, M. Kes dalam laporannya mengatakan, cerdas cermat keluarga diikuti oleh kelompok keluarga yang berasal dari gampong Keluarga Berencana dari Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang.

Selain cerdas cermat keluarga, katanya, pihaknya juga menyelenggarakan cerdas cermat penyuluh Keluarga Berencana.


Pada hari yang bersamaan pula, BKKBN Provinsi Aceh melaksanakan gelar dagang keluarga yang diikuti dari berbagai Kabupaten/Kota di provinsi Aceh.

“Semua rangkaian kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Harganas,” jelas Safrina.

Kepala perwakilan BKKBN Aceh Drs. Sahidal Kastri, M.pd, dalam sambutannya mengatakan pihaknya telah melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Harganas mulai dari sosialisasi, implementasi, dan peresmian Kampung Berencana yang dilakukan sejak 30 Agustus 2018 yang lalu.

“Alhamdulillah rangkaian ini berjalan sukses,” katanya.

Dikatakannya, rangkaian kegiatan terus berjalan sampai dengan hari ini, yaitu gelar dagang dari kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera.

Dengan adanya gelar dagang keluarga ini dirinya berharap semua kelompok dagang dapat termotivasi untuk terus meningkatkan taraf ekonomi yang lebih baik lagi.

Selain gelar dagang keluarga, lanjutnya, dilaksanakan pula lounching cerdas cermat keluarga.

“Ini (cerdas cermat keluarga) belum ada dilaksanakan di provinsi dan kabupaten mana pun,”ungkapnya.

Cerdas Cermat keluarga ini nantinya diikuti oleh ayah, ibu dan anak ini, bermakna agar dalam sebuah rumah tangga seluruh anggota keluarga bisa berkumpul.

Usai membuka acara, Wakil Wali Kota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM mengunjungi stand gelar dagang, Sabtu (1/9/2018). (foto:Syahrial/SERUJI)

“Idealnya dalam sebuah rumah tanggal minimal harus ada sekali saja seluruh anggota keluarga makan bersama. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa berkomunikasi,” tandasnya.

Karena menurut Sahidal, saat ini sangat jarang sekali seluruh anggota keluarga bisa berkumpul untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar keluarga, sehingga akan menimbulkan gejala sebuah permasalahan dalam keluarga.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa Dr. Marzuki Hamid, MM saat membuka acara mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada BKKBN Pusat dan Provinsi Aceh yang telah melaksanakan peringatan Harganas di Kota Langsa.

“Ini sangat berhubungan dengan visi misi Kota Langsa dalam rangka mewujudkan Kota berpradaban dan islami, indikatornya adalah keluarga yang sehat, sejahtera, dan islami,” ujarnya.

Disebutakannya, melalui cerdas cermat keluarga ini akan membuka kembali pemahaman dan pengetahuan peserta lomba.

“Kita ketahui bersama, lomba cerdas cermat ini bisa menambah dan meningkatkan pemahaman serta pendidikan terhadap anggota keluarga, dan mengulang kaji yang mungkin kita tau tapi karena jarang diasah maka akan lupa, oleh karena itu cerdas cermat ini salah satu untuk mengulangkaji, sehingga semakin meningkatkan wawasan dan pemahaman dari peserta cerdas cermat,” katanya.

Menurut Marzuki, pemahaman keluarga sejahtera ini sangat penting sebagai bentuk sosialisasi keluarga sejahtera ditengah masyarakat.

Lebih lanjut Marzuki mengatakan, saat ini Kota Langsa tidak memiliki Sumber Daya Alam yang handal sebagaimana daerah lain, Kota Langsa hanya mengandalkan sektor jasa.

“Kota Langsa Kota jasa kami tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah, yang kita miliki adalah potensi jasa baik jasa pendidikan, jasa kesehatan, jasa pariwisata, semakin banyak even yang ada di Kota Langsa maka Langsa akan semakin dikenal dan menambah perkenomian keluarga,” pungkasnya.

Marzuki berharap kegitan ini bisa terus berlangsung di masa yang akan datang dan menjadi agenda tetap bagi BKKBN Provinsi Aceh.

Turut hadir pada acara tersebut Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Pusat, sejumlah kepala SKPK Kota Langsa dan undangan lainnya. (Syahrial/Hrn)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Puasa: Detoksifikasi Dalam Kehidupan Bergelimang Racun

Penelitian juga menunjukkan bahwa pada saat puasa kadar DDT didapatkan meningkat dalam feses, urin dan keringat mereka yang sedang berpuasa. Ini lah salah satu manfaat utama puasa dalam bidang kesehatan, detoksifikasi, purifikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Tiba di MK, Petugas Tutup Jalan Abdul Moeis

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Aparat gabungan menutup Jalan Abdul Moeis,...

BPN Ajukan Gugatan Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon...

Polisi Diminta Mengusut Kasus Pembakaran Mapolsek Tambelangan Hingga Tuntas

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa...

Jokowi Nyatakan Terbuka Untuk Bertemu Dengan Prabowo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menyatakan dirinya selalu terbuka...

Polisi dan TNI Tutup Jalan Menuju Kantor Kementerian dan MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Polisi dan TNI masih menutup sejumlah...

Delapan Kompi Gabungan TNI dan Polri Disiagakan di MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian menyiapkan delapan kompi pasukan untuk...

TERPOPULER

Viral: Video Prajurit TNI AD Cegah Polisi Keroyok Peserta Aksi 22 Mei

Diduga video tersebut terkait dengan peristiwa unjuk rasa 22 Mei yang berlangsung di Jakarta, namun tidak diketahui dimana lokasi video tersebut diambil.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi