Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami kerugian materil karena rumah mereka tertimpa pohon tumbang di Aceh.

“Ada enam kabupaten/kota di Aceh terkena dampak akibat cuaca ekstrem kemarin (Senin, 18/6), yakni Sabang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, dan Aceh Selatan,” ujar Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa (19/6).

Ia melanjutkan, puting beliung yang terjadi di daerah destinasi wisata bahari Sabang, telah menyebabkan delapan rumah warga setempat mengalami rusak ringan, dan satu diantaranya rumah dinas milik TNI AL di kawasan Cot Ba’U.

Selain itu, terdapat juga korban terdampak, sehingga memerlukan penanganan evakuasi sesegera mungkin akibat pohon tumbang menutupi badan jalan menuju ke tiga lokasi objek wisata, seperti Pantai Iboih dua titik, Balik Gunong Dua Sarang delapan titik, dan Taman Kebun Wisata Merica satu titik.

Lalu puting beliung di Aceh Besar dengan kondisi atap rumah di terpa angin milik warga atas nama Muslem (45), sehingga mengalami rusak ringan di Desa Teubareh, Kecamatan Montasik, dan satu unit rumah di Pidie Jaya yang sedang dibangun mengalami roboh akibat angin puting beliung.

Di Aceh Tengah terdapat satu unit rumah roboh diterpa angin puting beliung milik Mahmuddin (45), ditempati seorang isteri dan ketiga orang anaknya. Sedangkan di Bireuen, satu batang pohon kelapa tumbang ke badan jalan di Desa Batee Timoh, Jeumpa, dan satu unit rumah di Desa Alua Buya Pasie, Jangka, sebagian atap rumah di terpa angin kencang atau puting beliung.

Terakhir enam unit rumah di empat desa dan empat kecamatan di Aceh Selatan, satu desa diantaranya terdapat tiga unit rumah mengalami rusak berat akibat tertimpa batang pohon, dan terdapat dua batang pohon tumbang menutupi badan jalan.

“Alhamdulillah, kemarin juga kita bersama instansi terkait yang di bantu warga setempat telah selesai dibersihkan. Jalan yang sempat tertutup, sudah bisa dilalui,” katanya, mengklaim.

“Memang terdapat beberapa rumah warga yang terkena angin kencang, dan pohon tumbang, masih perlu perbaikan hingga hari ini,” tegas Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabang, Aceh, telah mengeluarkan peringatan dini akan cuaca buruk melanda Sabang, wilayah kepulauan paling ujung barat Indonesia mulai 18 hingga 19 Juni 2018.

“Pagi tadi sejumlah pohon tumbang di lokasi berbeda, bahkan ada rumah warga tertimpa pohon karena angin kencang serta hujan ringan hingga lebat di wilayah Kota Sabang,” ucap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Cot Ba’U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto.

“Hari ini peta prakiraan pola pergerakan angin wilayah Kota Sabang dan sekitarnya terlihat kecepatan angin mencapai 40 knot atau setara 80 km/jam,” sebut Siswanto menambahkan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER