close

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami kerugian materil karena rumah mereka tertimpa pohon tumbang di Aceh.

“Ada enam kabupaten/kota di Aceh terkena dampak akibat cuaca ekstrem kemarin (Senin, 18/6), yakni Sabang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, dan Aceh Selatan,” ujar Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Selasa (19/6).

Ia melanjutkan, puting beliung yang terjadi di daerah destinasi wisata bahari Sabang, telah menyebabkan delapan rumah warga setempat mengalami rusak ringan, dan satu diantaranya rumah dinas milik TNI AL di kawasan Cot Ba’U.

Selain itu, terdapat juga korban terdampak, sehingga memerlukan penanganan evakuasi sesegera mungkin akibat pohon tumbang menutupi badan jalan menuju ke tiga lokasi objek wisata, seperti Pantai Iboih dua titik, Balik Gunong Dua Sarang delapan titik, dan Taman Kebun Wisata Merica satu titik.


Lalu puting beliung di Aceh Besar dengan kondisi atap rumah di terpa angin milik warga atas nama Muslem (45), sehingga mengalami rusak ringan di Desa Teubareh, Kecamatan Montasik, dan satu unit rumah di Pidie Jaya yang sedang dibangun mengalami roboh akibat angin puting beliung.

Di Aceh Tengah terdapat satu unit rumah roboh diterpa angin puting beliung milik Mahmuddin (45), ditempati seorang isteri dan ketiga orang anaknya. Sedangkan di Bireuen, satu batang pohon kelapa tumbang ke badan jalan di Desa Batee Timoh, Jeumpa, dan satu unit rumah di Desa Alua Buya Pasie, Jangka, sebagian atap rumah di terpa angin kencang atau puting beliung.

Terakhir enam unit rumah di empat desa dan empat kecamatan di Aceh Selatan, satu desa diantaranya terdapat tiga unit rumah mengalami rusak berat akibat tertimpa batang pohon, dan terdapat dua batang pohon tumbang menutupi badan jalan.

“Alhamdulillah, kemarin juga kita bersama instansi terkait yang di bantu warga setempat telah selesai dibersihkan. Jalan yang sempat tertutup, sudah bisa dilalui,” katanya, mengklaim.

“Memang terdapat beberapa rumah warga yang terkena angin kencang, dan pohon tumbang, masih perlu perbaikan hingga hari ini,” tegas Dadek.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabang, Aceh, telah mengeluarkan peringatan dini akan cuaca buruk melanda Sabang, wilayah kepulauan paling ujung barat Indonesia mulai 18 hingga 19 Juni 2018.

“Pagi tadi sejumlah pohon tumbang di lokasi berbeda, bahkan ada rumah warga tertimpa pohon karena angin kencang serta hujan ringan hingga lebat di wilayah Kota Sabang,” ucap Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Cot Ba’U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto.

“Hari ini peta prakiraan pola pergerakan angin wilayah Kota Sabang dan sekitarnya terlihat kecepatan angin mencapai 40 knot atau setara 80 km/jam,” sebut Siswanto menambahkan. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER