100 Puskesmas Disiagakan Selama Mudik Lebaran Oleh Pemprov Riau

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiagakan sebanyak 100 puskesmas untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mengatasi kedaruratan, pada arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijriah.

“Salah satu upaya untuk mengatasi kedaruratan adalah penyediaan fasilitas layanan kesehatan. Ada 100 puskesmas yang disiagakan sebagai fasilitas layanan kesehatan primer,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, Sabtu (1/6).

Puskesmas tersebut ada yang berada di jalur mudik, di antaranya seperti di rute menuju Kabupaten Inhil dari Kota Pekanbaru terdapat sembilan puskesmas.

Kemudian, rute Teluk Kuantan sampai dengan Air Molek ada delapan puskesmas. Untuk jalur mudik menuju Sumatera Barat terdapat tujuh puskesmas, dan menuju Dumai hingga Bagan Batu ada 11 puskesmas.

Sedangkan untuk fasilitas pelayanan kesehatan sekunder ada 16 rumah sakit pemerintah. Ia menjelaskan rumah sakit umum daerah (RSUD) tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau, di antaranya seperti RSUD Arifin Achmad, RSUD Bengkalis, RSUD Dumai dan RSUD Selat Panjang.

“Lalu ada RS siaga yakni rumah sakit swasta, ada 26 semuanya di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan Dinas Kesehatan juga membentuk 100 posko kesehatan di seluruh kabupaten/kota. Petugas medis yang bersiaga biasanya bergabung dengan posko arus mudik instansi lainnya.

Penyediaan fasilitas layanan ini juga dilengkapi dengan mobil ambulans. Seluruh puskesmas rata-rata sudah memiliki ambulans masing-masing. Meski begitu, ia mengatakan tetap disiagakan 60 mobil ambulans yang siaga di posko bersama angkutan mudik dengan Polri.

Ia berharap penyediaan fasilitas layanan kesehatan ini bisa merespon dengan cepat apabila terjadi kecelakaan selama cuti bersama maupun saat arus mudik Lebaran. Sebab, berdasarkan kejadian krisis kesehatan pada saat mudik Lebaran 2017 di puskesmas, RS maupun posko kesehatan lumayan banyak kasusnya.

Kasus luka ringan atau rawat jalan banyak ditangani di puskesmas yakni sebanyak 310 kasus, di RS 191 kasus dan di posko kesehatan 170 kasus.

“Yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan melalui himbauan di media dan pengecekan kesehatan pengemudi,” ujar Mimi Nazir.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsisten Kemaruk Kekuasaan

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER