close

100 Puskesmas Disiagakan Selama Mudik Lebaran Oleh Pemprov Riau

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiagakan sebanyak 100 puskesmas untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mengatasi kedaruratan, pada arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijriah.

“Salah satu upaya untuk mengatasi kedaruratan adalah penyediaan fasilitas layanan kesehatan. Ada 100 puskesmas yang disiagakan sebagai fasilitas layanan kesehatan primer,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, Sabtu (1/6).

Puskesmas tersebut ada yang berada di jalur mudik, di antaranya seperti di rute menuju Kabupaten Inhil dari Kota Pekanbaru terdapat sembilan puskesmas.

Kemudian, rute Teluk Kuantan sampai dengan Air Molek ada delapan puskesmas. Untuk jalur mudik menuju Sumatera Barat terdapat tujuh puskesmas, dan menuju Dumai hingga Bagan Batu ada 11 puskesmas.


Sedangkan untuk fasilitas pelayanan kesehatan sekunder ada 16 rumah sakit pemerintah. Ia menjelaskan rumah sakit umum daerah (RSUD) tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau, di antaranya seperti RSUD Arifin Achmad, RSUD Bengkalis, RSUD Dumai dan RSUD Selat Panjang.

“Lalu ada RS siaga yakni rumah sakit swasta, ada 26 semuanya di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan Dinas Kesehatan juga membentuk 100 posko kesehatan di seluruh kabupaten/kota. Petugas medis yang bersiaga biasanya bergabung dengan posko arus mudik instansi lainnya.

Penyediaan fasilitas layanan ini juga dilengkapi dengan mobil ambulans. Seluruh puskesmas rata-rata sudah memiliki ambulans masing-masing. Meski begitu, ia mengatakan tetap disiagakan 60 mobil ambulans yang siaga di posko bersama angkutan mudik dengan Polri.

Ia berharap penyediaan fasilitas layanan kesehatan ini bisa merespon dengan cepat apabila terjadi kecelakaan selama cuti bersama maupun saat arus mudik Lebaran. Sebab, berdasarkan kejadian krisis kesehatan pada saat mudik Lebaran 2017 di puskesmas, RS maupun posko kesehatan lumayan banyak kasusnya.

Kasus luka ringan atau rawat jalan banyak ditangani di puskesmas yakni sebanyak 310 kasus, di RS 191 kasus dan di posko kesehatan 170 kasus.

“Yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan melalui himbauan di media dan pengecekan kesehatan pengemudi,” ujar Mimi Nazir.

Sumber:Ant

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

Puji Ketua MK Anwar Usman, Sandiaga: Pernyataannya Sangat Menggetarkan Hati

Menurut Sandiaga apa yang disampaikan Anwar Usman dinilainya bijak dan sangat menggetarkan hati.

Kominfo Tidak Akan Batasi Akses Medsos Apabila Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan...

350 Personel Polda Jambi Disiagakan Jelang Keputusan Sidang MK

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Demi menjaga situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat...

Anwar Usman Tegaskan MK Bekerja Secara Independen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Anwar Usman...

MK Memulai Sidang PHPU Pilpres 2019 Hari Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum...

TERPOPULER