Wabub Jembrana ke Surabaya Belajar Olah Sampah Berbasis Partisipasi Masyarakat

0
48
I Made Kembang Hartawan
Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan melihat langsung daur ulang air selokan menjadi air bersih, Kamis (8/3/2018). (foto:Luhur/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Wakil Bupati Jembrana, Bali, I Made Kembang Hartawan melakukan studi banding pengolahan sampah berbasis partisipasi dan pemberdayaan masyarakat di Surabaya, Kamis (8/3).

Dalam kunjungan kunjungan yang ke-5 kalinya ini, Hartawan mengajak pejabat Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Jembrana.

“Jadi kita belajar tidak ada henti supaya virus-virus kebaikan bisa menyebar kemana-mana, termasuk juga ke Jembrana,” kata Hartwan pada awak media disela-sela blusukkannya ke RT 5 RW 5 kelurahab Margorejo, kecamatan Wonocolo, Surabaya.

Selama beberapa kali kunjunganya ke Surabaya dengan mengajak secara bergiliran kepala kecamatan yang ada di kabupaten Jembrana Bali. Ia mengaku kunjungannya selama ini telah membuahkan hasil bagi masyarakat Jembrana Bali.

“Kita sudah membuktikan, kedatangan pertama-kedua kita wujudkan, sudah mulai dari penghijauan, pengolahan sampah, mereka datang untuk melihat dulu, melihat lagi,” ungkapnya.

Pemerintah Surabaya yang diwakili motivator lingkungan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Adi Chandra mengaku senang atas kunjungan tersebut, karena membuktikan bahwa program pemkot Surabaya dalam pengelolahan sampah berbasis partisipasi masyarakat bermanfaat bagi banyak orang.

“Kita sebetulnya bukan menggurui, lebih tepatnya kita belajar bersama, artinya apa? ketika program yang baik ini bisa diimplementasikan pada masyarakat, kami berharap yang mendapat kemanfaatan bukan hanya Surabaya atau Jembrana, tapi meyakini kemanfaatan juga untuk Indonesia dan dunia,” tandasnya.

Sejak siang hari, rombongan 140 orang dari Kabupaten Jembrana Bali dalam sehari berkunjung ke 2 tempat. Pertama, Kecamatan Jambangan, kampung wisata lingkungan RW 3 Jambangan dan Pusat Daur Ulang Sampah Jambangan.

Selanjutnya kunjungan diteruskan menuju kecamatan Wonocolo, tepatnya di kelurahan Margoejo RW 4 sebagai kampung pengelolahan lingkungan terbaik Surabaya. (Luh/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

RUU Antiterorisme Atur Ancaman Teroris Libatkan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang perubahan UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Dave Laksono mengakui ada pasal...

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...