close

Sebagian Warga Jember Lebaran Hari Ini

JEMBER, SERUJI.CO.ID –  Sebagian warga Kabupaten Jember dan Bondowoso di sekitar Pondok Pesantren Mahfiludluror melaksanakan Shalat Idul Fitri 1439 Hijriah pada Kamis (14/6).

“Kami melaksanakan Shalat Ied hari ini karena sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari yang dimulai pada 15 Mei 2018 dan memang berbeda dengan penetapan pemerintah,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Mahfiludluror K.H. Ali Wafa di Jember, Kamis (14/6).

Dia mengatakan penetapan awal Ramadhan tersebut berdasarkan keyakinan yang menggunakan acuan sistem khumasi (dari bahasa Arab artinya lima/khomsatun) yang berdasarkan kitab Nazhatul Majalis, karangan Syech Abdurrohman As Shufuri As Syafi’i.

“Kitab Nazahatul Majalis yang mengajarkan tentang metode tersebut sudah dipakai sejak pondok pesantren itu berdiri yakni tahun 1826, sehingga pelaksanaanya juga sudah dilakukan selama ratusan tahun,” tuturnya.


Pesantren yang berada di Desa Suger Kidul, Kecamatan Jelbuk tersebut, menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada 14 Juni 2018, meskipun pemerintah belum menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah karena masih akan melakukan sidang isbat Kamis sore.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada 15 Juni 2018.

“Kami berharap perbedaan tersebut tidak memicu konflik berkepanjangan di kalangan umat Islam dan kami juga menghargai umat muslim yang masih menjalankan ibadah puasa hari ini,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada ribuan santri dan warga yang merayakan Lebaran untuk menghormati umat muslim yang masih menjalankan ibadah puasa, sehingga merayakan Idul Fitri tersebut secara sederhana.

Pesantren yang berada di perbatasan Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso itu, beberapa kali melaksanakan puasa lebih awal, sebelum pemerintah menetapkan awal Ramadhan berdasarkan sidang isbat di Kementerian Agama.

“Meskipun penetapan awal puasa kami mendahului pemerintah dan ormas Muhammadiyah, kami sangat menghargai perbedaan yang ada dan tetap hidup rukun dengan umat muslim lainnya,” ujarnya.

Kiai Haji Ali Wafa juga menjadi imam dan khatib dalam Shalat Id di lingkungan Pondok Pesantren Mahfiludluror di Kabupaten Jember tersebut, berpesan kepada umat untuk tetap menjaga silaturahim demi terciptanya kerukunan. (Ant/Su02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Hari Pertama PPDB di Banten Berjalan Lancar

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, menyebutkan...

Waktu Pengambilan “Token” PPDB SMP di Denpasar Diperpanjang

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora)...

Legislator: Penerapan Sistem Zonasi PPDB Seharusnya Bertahap

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat...

Disdikbud Tingkatkan Pengawasan PPDB di Cianjur

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Cianjur, Jawa...

Wagub Banten Minta Disdikbud Pastikan Tidak Ada Kendala Dalam PPDB 2019

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

Minta Kasus Kivlan Zen Diselesaikan Secara Hukum, Begini Penjelasan Ryamizard

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan kasus hukum yang menimpa mantan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad) Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen harus diselesaikan secara prosedur hukum.

TERPOPULER