Kadin Jatim Dorong Munculnya Wirausaha Baru

0
13
Usaha kuliner
Usaha kuliner yang dijalankan mahasiswa di lingkungan kampus. (Foto: Mica/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur mendorong munculnya wirausaha baru di wilayah setempat, sebagai salah satu tindaklanjut rekomendasi hasil rapat pimpinan provinsi (Rapimprov) organinasi tersebut, melalui jaringan usaha antarkabupaten/kota.

Ketua Umum Kadin Jatim, La Nyalla Mahmud Mattalitti di Surabaya, Jumat (18/5) mengatakan, dengan hadirnya wirausaha baru akan meramaikan pasar domestik dan meningkatkan daya tahan ekonomi nasional, sehingga kegiatan bisnis antarkabupaten/kota di Jawa Timur maupun antarprovins bisa lebih intensif.

“Rekomendasi lain hasil Rapimprov adalah upaya peningkatan kapasitas SDM, yang merupakan kebutuhan utama dan harus dipersiapkan oleh semua pihak pemerintah, pengusaha, perguruan tinggi dan tokoh masyarakat secara bersama-sama,” katanya.

Ia mengatakan, peningkatan SDM diwujudkan melalui pelatihan disertai metode pelatihan yang benar dan fokus kepada kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan, serta dilaksanakan secara intensif, berjenjang, serempak dengan memperhatikan kualitatif dan kuantitatif.

“Selanjutkan, kami juga mendorong terciptanya regulasi pemerintah yang lebih berpihak kepada dunia usaha dalam negeri,” katanya.

Kadin, kata La Nyalla, juga akan mempelopori dan mengkoordinasi semua tingkatan, baik di kabupaten dan kota atau provinsi, dengan kerja sama pemerintah daerah, masing masing didalam upaya peningkatan ekonomi daerah.

“Rekomendasi ini, sebagai upaya peningkatan kinerja ekonomi di Jawa Timur yang terus kami gelorakan pascakejadian teror kemarin, dan untuk menentukan langkah startegis yang diambil,” katanya.

Sementara itu, Rapimprov digelar dengan tema “Kemitraan dunia usaha Bersama Pemerintah, mutlak bagi terwujudnya Jawa Timur yang lebih maju, dan dihadiri seluruh pengurus Kadin Jatim dan perwakilan dari seluruh Kadin di 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...