Importir Tanam Bawang Putih di Lumajang

LUMAJANG, SERUJI.CO.ID – Sejumlah importir berencana menanam bawang putih di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 16/Permentan/HR.060/5/tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura.

“Sesuai dengan regulasi, importir diwajibkan menanam bawang putih minimal 5 persen dari total kuota impornya sesuai dengan SK Dirjen Hortikultura tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengembangan Bawang Putih Oleh Pelaku Usaha Impor Produk Hortikultura,” kata Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Lumajang Donny Ananto di Lumajang, Senin (22/1).

Kabupaten Lumajang menjadi salah satu lokasi realisasi kewajiban importir untuk menanam bawang putih itu dan beberapa importir yang akan melaksanakan kewajiban tanam bawang putih pada 2018 yakni PT Aman Buana Putera seluas 25 hektare dan CV Bawang Mas 99 seluas 25 hektare.

“Tanam bawang putih itu akan dilaksanakan di empat kelompok tani yakni kelompok tani (Poktan) Argotani, Poktan Tengger Makmur, Poktan Subur Makmur dan Poktan Putra Tengger,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Pertanian akan mengawal pelaksanaan wajib tanam bawang putih oleh importir, sehingga implementasi Peraturan Menteri Pertanian tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura bisa berjalan dengan baik di wilayah setempat.

“Kami berkomitmen akan mendorong dan mengawal para petani bawang putih demi suksesnya kerja sama itu, bahkan tidak hanya komoditas bawang putih yang akan terus dikembangkan,” katanya.

Pengembangan komoditas-komoditas hortikultura lainnya, lanjut dia, akan terus dipacu dan dikembangkan demi suksesnya program pertanian di Kabupaten Lumajang.

Kepala Dinas Pertanian Paiman mengatakan penandatanganan nota kesepahaman penanaman bawang putih itu dilakukan tidak sekadar untuk menggugurkan kewajiban tanam sebagaimana dipersyaratkan dalam rekomendasi impor produk hortikultura.

“Saya optimistis apa yang dilakukan oleh teman-teman pelaku usaha importir adalah wujud ekspresi dari komitmen kami semua untuk membangkitkan semangat menanam bawang putih di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Ia mengatakan perlu kerja sama yang mantap dalam arti kerja ada barangnya dan mantap tidak ada proses hukum dikemudian hari, sehingga pihaknya akan mengecek langsung melalui digitasi di lapangan atau “potret satelit” dan ada fungsi edukasinya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Widarto mengatakan salah satu solusi untuk menanggulangi inflasi daerah dengan mengatasi kelangkaan, serta mengakomodasi penanaman bawang putih dengan memperhatikan kualitas tanah dan iklim.

“Di Kabupaten Lumajang yang merupakan wilayah cocok dan bagus untuk komoditas bawang putih yakni Desa Argosari dan Ranupane di Kecamata Senduro, bahkan bukan hanya bawang putih yang dibudidayakan, namun ada bawang prei, kentang, kol dengan kualitas bagus yang telah dipasarkan sampai lintas kabupaten,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

Bela UAS, Netizen Indonesia Banjiri Akun Medsos Pejabat Singapura

SERUJI.CO.ID - Akun media sosial Presiden Singapura Halimah Yacob...

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh minum obat neutotopik dan kaki saya jg spt ketarik dr mulai pinghul hingga ke tungkai

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O