Forkopimda Jatim Libatkan FKUB Perangi Hoax

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur menggelar “cangkrukan” (pertemuan, red) bersama tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Mapolda Jatim, Jumat (16/3).

Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama dan menolak ujaran kebencian dan hoax untuk mendukung suksesnya Pemilukada 2018 Jatim.

Gubernur Jatim Soekarwo di hadapan unsur Kepolisian, TNI dan tokoh agama mengatakan bahwa pihaknya mendukung pelaksanaan Pilkada 2018 dan mendukung Polri untuk membasmi informasi hoax. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk selalu menyebarkan kebenaran.

“Kami mendukung pelaksanaan Pilkada berjalan aman, damai, dan tertib. Kami mendukung Pilkada berjalan secara demokrasi sesuai aturan hukum,” ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini.

Pakde Karwo mengatakan, hasil pengamatan TNI/Polri isu SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan) sangat berbahaya bagi masyarakat, maka pentingnya melakukan sosialisasi sebagai bentuk pencegahan.

“Oleh sebab itu, kami mengajak elemen bangsa baik umat beragama, mahasiswa, dosen, tokoh masyarakat, ormas, dan terutama media sebagai penyebar berita, maka hal ini menjadi prioritas bahwa kita komitmen memerangi Hoax,” katanya.

Pakde Karwo juga mendukung terkait usulan adanya lembaga khusus yang akan menyiarkan tentang informasi kebenaran bukan kebencian. Program itu, kata Pakde akan menjadi program ad hoc yang menjadi prioritas di Jatim.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menambahkan, pihaknya akan terus
memantau perjalanan Pilkada Serentak 2018. Selain itu pihaknya juga akan berupaya menindak bagi yang menyebarkan informasi hoax. Oleh karenanya, hal ini menjadi perhatian khusus demi ketentraman Indonesia, khususnya Jatim.

“Ini kami undang para tokoh agama, FKUB tidak hanya di tingkat provinsi tapi diharapkan di tingkat Polres dan Polsek untuk sama-sama menjaga keamanan di Jatim terutama melawan hoax. Fatwa ulama sudah ada yang melarang ujaran kebencian. Peran ulama dakwah, dan kami titip pesan itu,” tuturnya.

Suasana acara cangkrukan FKUB Jatim, di Mapolda Jatim, Jumat (16/3/2018) (foto:Devan/SERUJI)

Machfud mengapresiasi Gubernur yang akan memberikan dukungan terhadap kegiatan ini serta lembaga khusus yang menyiarkan informasi kebenaran. Tim itu nantinya dibentuk tim dari pemprov, ahli IT, Kodam untuk sama-sama menjaga berita yang tidak benar.

Kegiatan Deklarasi FKUB yang diadakan Forkopimda Jatim ini menghadirkan tokoh agama Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. (Devan/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.