Cagub Jatim Gus Ipul Komitmen “Gendong” Ludruk

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul berkomitmen “menggendong” kesenian ludruk sebagai wujud pelestarian budaya provinsi setempat.

“Maksudnya, menggendong agar ludruk sebagai kesenian asli Jatim terus terjaga sampai kapanpun,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Rabu (23/1).

Sebagai salah satu wujud kepedulian, calon gubernur yang juga Wakil Gubernur Jatim tersebut pada akhir pekan lalu menghadiri gelaran ludruk “Luntas” di Waroeng Mbah Cokro di jalan Raya Prapen Surabaya.

Ludrukan komedi dengan lakon “Tumpeng Maut” tersebut berdasarkan cerita Cak Kartolo dengan sutradara Robets Bayoned yang penyelenggaraannya memperingati hari ulang tahun kedua Ludruk Luntas.

Pada kesempatan tersebut Gus Ipul menggendong salah seorang pemain ludruk, yang kebetulan memiliki nama sama, Saiful atau akrab disapa Cak Ipul.

“Dari dulu saya ingin menggendong pemain ludruk rasanya seperti apa, dan akhirnya bisa menggendong Cak Ipul,” ucapnya.

Sementara itu, Gus Ipul yang pada Pilkada Jatim 2018 maju bersama Puti Guntur Soekarno tersebut, mengapresiasi pagelaran Ludruk Luntas dan menghormatinya karena telah bekerja keras menghidupkan kembali ludruk, khususnya di Jatim.

“Ludruk tak hanya sebagai tontonan, tetapi juga sebagai tuntunan,” kata cagub yang diusung PKB-PDIP-PKS-Partai Gerindra tersebut.

Menurut dia, jika kebudayaan lokal terangkat maka kualitas para seniman dan pelaku budaya dipastikan semakin meningkat, baik dari sisi kesenian hingga kesejahteraannya.

Selain itu, kata dia, ludruk sebagai kesenian khas Jatim perlu dikembangkan dengan inovasi-inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, tapi tetap tak meninggalkan “pakem” atau hal-hal pokok di dalam ludruk sendiri. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Prabowo dan Ratu Adil

Orang-orang besar selalu hidup dengan gagasan besar. Dalam melihat kebesaran Prabowo, tentu saja kita bisa mengamati beberapa pikiran, sikap dan langkahnya beberapa waktu terakhir ini. Diantaranya adalah pertama, Anti Impor.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy