Antisipasi Hoax, MUI Jatim Siapkan Fatwa Larangan Hoax

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Berita hoax seringkali menjadi momok bagi kalangan tertentu, maka Majelis Ulama Indonesia (MUI), membuat fatwa yang perlu disepakati untuk mengantisipasi hoax. Hal ini diungkapkan Sekretaris MUI Jatim, Ainul Yakin.

“Fatwa MUI yang harus disepakati yakni tidak boleh membuat berita bohong (menyebarkan berita palsu), bergunjing, naimmah (adu domba), membuka aib, tidak berkata kotor, ujaran kebencian, mengumbar pornografi, dan tidak menyebarkan tayangan kekerasan yang tidak bermanfaat,” kata Ainul di Surabaya, Jumat (16/3).

Terjadinya berita hoax, kata Ainul, seiring dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang telah mendorong konvergensi media, sehingga informasi berjalan cepat, akibatnya masyarakat tidak sadar turut serta menyebarkan hoax.

“Akibat kecanduan media sosial, sering melakukan pamer, kurangnya komunikasi antar keluarga dan menerima informasi yang tidak benar, sehingga munculnya paradoks,” ungkapnya.

Namun, lanjut Ainul, ada aspek positif media, seperti sebagai sosialisasi, silaturahim, berbagi, dan menciptakan solidaritas sosial.

“Media sosial juga ada sisi positifnya tidak selalu negatif, contohnya Facebook, saya lama tidak bertemu teman sekolah, namun melalui medsos itu saya bisa dipertemukan meski sekian lama tidak bertemu, maka itukan menyambung silaturahim yang lama putus,” ujarnya.

MUI mengeluarkan fatwa tersebut untuk menerima informasi alternatif yang baik dan menjadi pedoman dalam bermedsos, sehingga informasi kebenaran selalu diutarakan dan menyebar luas. (Devan/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Meminta Maaf Kepada Generasi Yang Hilang

Tanggal 13 Febuari 2008 berlangsung peristiwa penting, di Australia. Melalui pidato Perdana Menteri Kevin Michael Rudd, di hadapan sidang Parlemen, pemerintah Australia secara secara resmi meminta maaf.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy