Melihat Dari Dekat Fosil Gajah Raksasa Purba Blora

8
660
  • 38
    Shares
Gedung Replika Fosil Gajah Purba Blora.

BLORA – Sejak ditemukannya fosil Gajah Raksasa Purba di Blora, tepatnya di Dusun Sunggun, Desa Mendalem, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, pada bulan Maret tahun 2009 silam, kini daerah Blora menjadi salah satu tujuan obyek riset para Arkeolog, peneliti purbakala dari berbagai universitas dalam maupun luar negeri.

Konon, hasil ekskavasi (penggalian) pada tahun 2009 tersebut merupakan salah satu hasil yang lumayan spektakuler, karena bisa menemukan sebuah fosil Gajah Purba Elephas Hysudrindicus yang diperkirakan hidup sekitar 800 ribu sampai 200 ribu tahun yang lalu, dalam keadaan kondisi hampir mencapai 90% dan nyaris utuh.

Saat ini, fosil Gajah Purba yang semasa hidupnya diperkirakan setinggi 5 meter dan berbobot sekitar 8 ton, yang asli disimpan di Museum Geologi Bandung. Sedangkan yang dipamerkan di Komplek Gedung Sasana Bhakti Blora adalah bentuk replikanya yang nyaris sama dan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Gedung Sasana Bhakti, dimana replika fosil gajah purba dipamerkan ini berada lingkungan Alun-Alun Kabupaten Blora bersebelahan dengan Kantor Dinas Bupati Blora.

Saat SERUJI tiba di lokasi, seorang petugas langsung menghampiri dan langsung mempersilakan masuk.

“Sering tempat ini dikunjungi rombongan siswa sekolah, mulai dari rombongan siswa TK sampai Siswa SLTA, mereka
sangat tertarik dan menikmati wisata sejarah ini,” tutur petugas yang akrab dipanggil Bowo ini.

Bagi segenap pecinta dan peneliti alam juga pegiat sejarah yang ingin melihat secara langsung bisa datang ke Gedung Sasana Bhakti Blora pada pukul 08.00 sampai 21.00 tanpa dipungut biaya sepeserpun, sambil menikmati hijaunya Kota Blora yang dikelilingi rimbunan Hutan Jati ini. (Abdul Kholik)

EDITOR: Iwan Y

8 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU