Razia Orang Gila, Polres Banjar Temukan Orang Yang Pura-Pura Gila

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Untuk antisipasi tidakan kekerasan atau penganiayaan oleh orang gila di wilayah hukum Polres Banjar, jajaran kepolisian Polres Kota Banjar melakukan razia orang gila, Kamis (15/2).

Sebanyak 6 orang yang diduga mengalami gangguan jiwa alias gila berhasil dijaring tim gabungan Polres Kota Banjar, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Banjar, dan Dinas Sosial Kota Banjar.

Dari 6 orang gila yang berhasil diamankan, diketahui dua diantaranya diduga hanya pura-pura gila.

Razia dilaksanakan di wilayah Kota Banjar, menyisir ruas jalan dan pusat keramaian seperti pasar, terminal, dan taman kota.

Wakil Kepala kepolisian resort Kota Banjar Kompol Ade Nazmulah menuturkan, razia dilakukan untuk antisipasi adanya orang yang normal menyamar sebagai orang gila.

“Sementara hasil razia tadi, ada dua orang gila yang masih muda, itu masih normal dan sadar saat ditanya oleh petugas, bahkan satu diantaranya yang diidentifikasi diamankan oleh warga Pataruman, Kota Banjar, karna dianggap mencurigakan. Sedangkan orgil yang satunya lagi, mempunyai KTP dan membawa perangkat alat sholat, seperti sarung, baju muslim, tasbih, dan buku doa,” jelas Ade kepada SERUJI, Kamis (15/2).

Wakapolres menambahkan razia ini diadakan agar kondisi Kota Banjar kondusif

“Kita melakukan kegiatan penertiban terhadap orang yang dicurigai gila atau orang sakit ingatan, agar tidak membuat resah warga. Tentunya kita harus jaga keamanan dan jangan ada gangguan, baik itu gangguan yang bersifat premanisme dan gangguan lainnya, agar kota Banjar aman dan nyaman,” katanya.

Sementara Kepala bidang Tata tertib Zupen menuturkan, hasil razia kali ini guna meningkatkan kualitas ketertiban dan keindahan tata kota di pusat kota, agar warga tidak merasa takut karena sering diganggu dan takut oleh orang gila.

“Para orgil ini kita ada data sesuai sidik jari dari kepolisian, dua diantaranya sudah ditemukan identitas sebenarnya dan alamat keluarga, kita akan koordinasi dengan Dinas Sosial, untuk mengirimkan mereka ke rehabilitasi,” tukasnya. (Degum/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cara Sederhana Membuat Minyak Alpukat

Coba ganti minyak goreng dengan minyak alpukat, yang bisa anda buat sendiri.