Aksi Tanggap Darurat PKPU HI Pada Pencarian Korban Lion Air JT 610

KARAWANG, SERUJI.CO.ID – Sejak jatuhnya pesawat Lion Air penerbangan JT-610 pada Senin (29/10). PKPU Human Initiative (HI) secara cepat melakukan aksi tanggap darurat atas kejadian hal tersebut. Pesawat yang melayani rute Jakarta menuju Pangkalpinang jatuh di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Pada hari pertama, PKPU HI mengirim sekitar 5 orang yang terlibat langsung dalam proses evakuasi korban.

Subur Rojinawi perwakilan dari tim Emergency Response & Recovery PKPU HI mengatakan bahwa timnya sudah berada di lokasi sejak hari pertama. Ia mengumpulkan banyak data dan informasi terkait kecelakaan tersebut. Subur juga menyiapkan APD, menghubungi relawan, mendirikan dapur air bersih dan bergabung dengan Basarnas.

“Pada tanggal 29 Oktober hari senin jam 9 pagi saya dapat kabar atau ajakan dari potensi SAR dan Basarnas atau Kansar DKI meminta saya untuk bergabung serta terlibat dalam pencarian pesawat Lion Air JT 610,” ujar Subur melalui pesan whatsapp, Senin (5/11).


Data terakhir dikutip dari laman Basarnas.go.id, Ahad (4/11) bahwa ada 138 jenazah yang telah dievakuasi oleh tim Basarnas gabungan. Jumlah total orang yang berada di dalam pesawat sebanyak 189 orang.

Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto selaku Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas saat konferensi pers mengatakan bahwa ia dan timnya akan tetap bersemangat dan optimis untuk menemukan korban lainnya.

“Tim SAR yang terlibat dalam operasi ini, baik dari Basarnas, TNI-Polri, Kementerian Perhubungan, Bakamla, BPPT, KNKT, KKP, Bea Cukai, Pertamina, dan seluruh Potensi SAR yang ada, masih tetap bersemangat, tetap optimis dapat menemukan korban lainnya,” ujar Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto yang dikutip dari laman resmi Basarnas, AhadĀ (4/11).

Sampai saat ini proses pencarian korban masih terus dilanjutkan. Operasi SAR ini akan diperpanjang selama tiga hari ke depan.

Sebelumnya, ada 189 orang yang mengalami kecelakaan pesawat JT 610. Data informasi terbaru dari website resmi Lion Air yani lionair.co.id bahwa jumlah jenazah bertambah lagi sekitar 33 jenazah. Sehingga, total keseluruhan jenazah yang ditemukan oleh tim SAR gabungan sebanyak 138 jenazah.

Terdapat posko tim SAR gabungan yaitu Posko Terpadu JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Posko ini melayani berbagai kebutuhan informasi dan pencarian korban kecelakaan pesawat JT 610. (PKPU/SU01)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER