Kodam Pattimura Gelar Nobar Film Pengkhianatan G30S/PKI

0
100
G30S/PKI
Poster film "Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI" produksi tahun 1984.

AMBON – Kodam XVI/Pattimura menggelar acara Nonton Bareng film “Penumpasan Penghianatan G30S/PKI” yang diikuti oleh 1.335 personel Kodam XVI/Pattimura baik militer maupun PNS serta keluarganya, bertempat di Lapangan Indoor Tapal Kuda, Kota Ambon, Maluku.

Dalam siaran pers yang diterima menyebutkan, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo saat membuka acara tersebut, Rabu malam (20/9), menegaskan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah suatu organisasi yang ingin mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi Komunis.

Ia menyatakan PKI telah dua kali melakukan penghianatan terhadap bangsa ini, yaitu pada 1948 di Madiun dengan membunuh para santri dan kiai, dan pada 30 September 1965 dengan membunuh tujuh jenderal Angkatan Darat yang kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi.

“Tentara yang menjunjung tinggi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit tidak akan membiarkan siapapun yang ingin mengubah ideologi Pancasila, sehingga jika ada yang ingin mengubah ideologi pancasila, maka tentara adalah organisasi terdepan yang akan melindungi negara ini. Jangan sampai kita terpengaruh pada isu-isu yang ingin memecah belah, kita harus bangga dengan Pancasila,” katanya.

Kegiatan Nonton Bareng tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mengingatkan kembali kepada seluruh komponen masyarakat khususnya generasi muda akan adanya peristiwa penghianatan G30S/PKI, sehingga generasi muda benar-benar memahami sejarah bangsa ini serta berupaya mengantisipasi dan mewaspadai bahaya laten Komunis.

Paham komunis sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila sehingga dapat membahayakan kehidupan bebangsa dan negara.

“Kita harus terus menjaga ideologi Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, dan terus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” kata Pangdam.

Kegiatan Nonton Bareng film “Penumpasan Penghianatan G30S/PKI” ini adalah yang pertama kali digelar Kodam XVI/Pattimura dengan melibatkan anggota dan keluarga. Selanjutnya akan dibuka untuk masyarakat umum secara gratis hingga tanggal 30 September 2017, yang akan dikoordinir oleh para Dansat dan Kabalak di wilayah masing- masing. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...